Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kubis Merah (Brassica Oleracea Var. Capitata F. Rubra) Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Yakobus Reformasi Perangin-angin STMIK Triguna Dharma
  • Hendra Jaya STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i6.3936

Abstract

Kubis Merah (Brassica oleracea var. capitata f. rubra) merupakan sayuran daun yang berasal dari daerah subtropic yang telah lama dikenal dan dibudidayakan di Indonesia. Dalam pembudidayaan Kubis Merah terdapat kendala yaitu dalam penangan penyakit yang dapat membuat gagal panen.Untuk mendiagnosa penyakit pada Kubis Merah, maka dibuatlah sebuah program Sistem Pakar dengan dukungan metode dalam melakukan perhitungan.  Sistem Pakar memiliki kegunaan dalam mengambil suatu keputusan agar bisa diselesaikan oleh ahlinya dengan memakai ilmu teknik dan fakta. Sistem Pakar menggabungkan kesimpulan dengan basis pengetahuan yang didapat oleh pakar itu sendiri, kemudian akan disimpan dan diproses untuk mendapatkan masalah pada bidang tertentu. Metode yang digunakan dalam program Sistem Pakar ini adalah metode Certainty Factor. Metode Certainty Factor ini memiliki perhitungan yang mudah dipahami dan memiliki tingkat keakuratan yang baik.Adapun sistem yang dapat dibangun adalah sistem informasi komputer berbasis desktop, dimana sistem tersebut menggunakan bahasa pemograman Microsoft Visual Basic, Microsoft Access untuk database dan pelaporan dengan Crystal Reports.

Author Biographies

Yakobus Reformasi Perangin-angin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendra Jaya, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

A. D. E. Fristya, F. Pertanian, U. Muhammadiyah, and S. Utara, ( Studi Kasus : Desa Sirumbia Kecamatan Simpang Empat ) SKRIPSI. 2019.

T. Pratama, G. Suastika, and A. Nurmansyah, “Dampak Penyakit Tanaman terhadap Pendapatan Petani Kubis-kubisan di Daerah Agropolitan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat,†J. Fitopatol. Indones., vol. 12, no. 6, p. 218, 2017, doi: 10.14692/jfi.12.6.218.

H. A. Irachman, “Sistem pakar untuk identifikasi penyakit sayuran kubis menggunakan forward chaining berbasis gui,†vol. 3, pp. 71–76, 2020.

H. T. SIHOTANG, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Dengan Metode Certainty Factor (Cf) Berbasis Web,†vol. 15, no. 1, pp. 16–23, 2019, doi: 10.31227/osf.io/97rz8.

K. E. Setyaputri, A. Fadlil, and S. Sunardi, “Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT,†J. Tek. Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 30–35, 2018, doi: 10.15294/jte.v10i1.14031.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles

URN