Penerapan Data Mining Dalam Pengelompokan Bibit Jagung Unggul Pada Kantor Desa Peadungdung Dengan Menggunakan Algoritma K-Means

Authors

  • Eka Firianti Silaban Stmik Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi Stmik Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.3935

Abstract

      Peningkatan produksi jagung maka dibutuhkan bibit jagung yang unggul. Penggunaan bibit jagung unggul mendatangkan banyak keuntungan diantaranya meningkatkan mutu hasil yang nantinya berpengaruh terhadap peningkatan penghasilan petani. Bibit jagung   pada Kantor Desa Peadungdung meberkualitas, berkualitas, kurang berkualitas. Adapun yang menjadi masalah adalah bibit jagungnya belum dikelompokkan oleh Kantor Desa Peadungdung.Permasalahan pada kantor dinas peranian tersebut, maka dibutuhkan kantor desa dalam mempercepat ataupun mempersingkat dalam clustering dengan keilmuan data mining. Diantara Algoritma pengelompokan data, maka Algoritma K-Means Clustering yang dapat menyelesaikan masalah dalam pengelompokan data bibit jagung pada Kantor Desa Peadungdung.Hasil dari penelitian ini nantinya dapat membantu dalam pengelompokan bibit jagung pada kantor Desa Peadungdung dengan cepat dan efektif. Kata Kunci: Bibit Jagung, Data Mining, K-Means

Author Biographies

Eka Firianti Silaban, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Deski Helsa Pane, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Sunia, K. and A. P. Jusia, "Penerapan Data Mining Untuk Clustering Data Penduduk Miskin Menggunakan Algoritma K-Means," STIKOM Dinamika Bangsa, pp. 121-134, 2019.

S. S. Helma, M. R. R. R and E. Normala, "Clustering pada Data Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kota Pekanbaru Menggunakan Algoritma K-Means," Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI, vol. I, no. 1, pp. 131-137, 2019.

F. Yunita, "Penerapan Data Mining Menggunkan Algoritma K-Means Clustring Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Universitas Islam Indragiri)," Jurnal SISTEMASI, pp. 238-249, 2018.

Adri, Mildaerizanti dan Suharyon, "Analisis Finansial Perbanyakan Benih Jagung Hibrida," Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, vol. Volume 03 No.2, 2019.

Alfannisa Annurullah Fajrin and Algifanri Maulana, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fpgrowth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor,"

Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), vol. Volume 05, 2018

Joko Suntoro, Data Mining: Algoritma Dan Implementasi Dengan Pemrograman, Elex Media Komputindo, 2019, p. 192

Downloads

Published

2020-02-28

URN