Sistem Pendukung keputusan pemberian bibit kacang dalam bantuan tani sejahtera pada kelompok tani di desa laru lombang dengan menggunakan metode waspas

Authors

  • Jaspadil Amama STIMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STIMIK Triguna Dharma
  • Afdal Al Hafiz STIMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.3929

Abstract

Desa Laru lombang Kab.Mandailing Natal memiliki kendala dalam permasalahan pemberian Bantuan Bibit Kacang, diantaranya yaitu, terkadang dalam pemilihan bantuan tersebut tidaklah merata dan tidak tepat tujuan mengakibatkan adanya kecemburuan sosial di lingkungan tersebut dan belum adanya sistem untuk memproses pemberian tersebut, maka dalam pemberian Bantuan Bibit Kacang masih menggunakan cara manual yang dilakukan oleh aparat Kantor Kepala Desa dengan kriteria yang telah ditentukan oleh kantor kepala desa yang dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan, hal ini mengakibatkan kurang efisiennya kegiatan seleksi pemberian Bantuan Bibit Kacang. Sistem Pendukung Keputusan adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer untuk mendukung pengambilan keputusan. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah pada Desa Laru lombang terkait pemberian Bantuan Bibit Kacang adalah WASPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah pihak kantor kepala desa dalam pemberian Bantuan Bibit Kacang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya metode WASPAS ini maka dihasilkan keputusan perankingan pemberian Bantuan Bibit Kacang berdasarkan perhitungan dari kriteria - kriteria yang sudah ditentukan dan telah disempurnakan ke dalam sebuah aplikasi. Dari aplikasi ini diharapkan membantu pihak Kepala Desa dalam mengambil keputusan. 

Author Biographies

Jaspadil Amama, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Afdal Al Hafiz, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. H. Nasyuha, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Pemberian Pinjaman Modal dengan Metode Multi Attribute Utility Theory,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 2, p. 117, 2019.

A. M. S. Soeb Aripin, Agus Adi Pramadi, Mulia Syahputra, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Mangga Terunggul Menerapkan Metode SAW dan WASPAS,†Semin. Nas. Sains dan Teknol. Inf., pp. 27–36, 2018.

M. Suginan, Emi Suryani, Sapria, Ulandari Lubis, “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Siswa Miskin Menerapkan Metode WASPAS dan MOORA,†Semin. Nas. Sains Teknol. Inf., pp. 719–727, 2018.

S. Barus, V. M. Sitorus, D. Napitupulu, M. Mesran, and S. Supiyandi, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 10–15, 2018.

Z. Khoiriah and H. B. Manik, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Pelanggan Terbaik Ditoko Bangunan Menggunakan Metode WASPAS,†pp. 673–679, 2018.

Downloads

Published

2021-03-29

Issue

Section

Articles

URN