Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan Obat Pada Apotek Sari Medan Polonia Dengan Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • Rahma Utami STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.3920

Abstract

Persediaan obat pada sebuah apotek sangat penting untuk menjaga terpenuhinya kebutuhan konsumen berdasarkan resep dokter. Permasalahan timbul karena adanya keterbatasan pada tanggal kadaluwarsa dari masing-masing obat, hal ini diperlukan untuk mengatasi agar tidak terjadinya penumpukan stok obat pada Apotek Sari sehingga menyebabkan kerugian di karenakan adanya obat yang sudah kadaluwarsa dalam jumlah yang cukup banyak. Berdasarkan masalah penelitian ini, ada salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencari pola penjualan obat yang ada di Apotek Sari adalah dengan menggunakan teknik data mining. Adapun teknik yang digunakan dalam hal ini adalah Alogritma Apriori dengan metode asosiasi. Algoritma Apriori dapat mengetahui hal tersebut berdasarkan data transaksi yang terjadi, menggunakan algoritma dapat diketahui produk obat yang paling banyak terjual, sehingga dapat menyediakan persedian stok obat yang diprioritaskan. Metode asosiasi diperlukan untuk melihat kolerasi antara sejumlah atribut misal konsumen membeli obat A maka dia akan membeli obat B juga. Algoritma Apriori diperlukan untuk menentukan syarat minimum untuk support dan confidence. Hasil dari penelitian ini adalah, kombinasi item produk yang memiliki keterkaitan yang diolah dengan teknik data mining menggunakan Algoritma Apriori dapat membantu pihak Apoteker di Apotek Sari dalam mengambil keputusan untuk penentuan strategi penjualan berdasarkan pola penjualan terhadap obat-obatan yang ada pada Apotek Sari.

Author Biographies

Rahma Utami, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. Nurajizah, “Analisa Transaksi Penjualan Obat menggunakan Algoritma Apriori,†INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 4, no. 1, p. 36, 2019, doi: 10.35314/isi.v4i1.938.

A. H. Elyas and J. Prayoga, “Implementasi Data Mining Pola penjualan Sparepart Motor Honda Pada Pt Rotella Persada Mandiri Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,†vol. 1, no. 1, pp. 22–31, 2020.

Misriani, “Implementasi Data Mining pada Penjualan Produk Millionare Club Indonesia dengan Algoritma Apriori,†vol. 1, no. 1, pp. 16–21, 2019.

V. N. Budiyasari, P. Studi, T. Informatika, F. Teknik, U. Nusantara, and P. Kediri, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan kacamata Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,†Indones. J. Comput. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 31–39, 2017.

K. K. Timba, “Penjualan Produk Elektronik Berbasis Web Pada Toko,†vol. I, no. 01, p. 11, 2020.

L. Kurniawati, A. E. Kusuma, and B. Dewansyah, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan,†vol. 4, no. 1, p. 7, 2019

Downloads

Published

2019-01-30

URN