Implementasi Metode Waspas Menentukan Kelayakan Lokasi Gerai Indomaret Baru Di Kabupaten Deli Serdang Berbasis Web

Authors

  • Tiara Vriska STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma
  • Nur Yanti Lumban Gaol STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.3919

Abstract

ABSTRAKPT. Indomarco Pristama merupakan perusahaan yang sedang gencar mengembangkan bisnisnya. Salah satunya dengan cara menambah dan membuka gerai-gerai baru di berbagai daerah salah satunya di Kabupaten Deli Serdang. Tentu pemilihan lokasi gerai sangat berperan penting dalam kemajuan dan peningkatan penjualan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi dalam menentukan lokasi gerai dan juga ada banyak alternatif lokasi yang akan dinilai layak atau tidak sebagai lokasi gerai baru. Penilaian ini tentunya membutuhkan waktu dan perhitungan yang cermat sehingga tidak menyebabkan kesalahan, atau bahkan kegagalan dalan menentukan kelayakan lokasi gerai. Oleh karena itu dibutuhkan bantuan dari perangkat sistem komputer dalam memecahkan masalah tersebut.Untuk menyelesaikan permasalahan diatas maka dibutuhkan suatu Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems). Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem yang mengevaluasi beberapa pilihan yang berbeda dan membantu PT. Indomarco Pristama memberikan keputusan terhadap masalah menentukan kelayakan lokasi gerai indomaret baru. Penelitian ini menerapkan metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment (WASPAS) yang merupakan salah satu yang dapat menyelesaikan permasalahan multikriteria. Hasil dari penelitian ini yakni memberikan penilaian alternatif yang lebih efektif dan efisien guna mempermudah PT. Indomarco Pristama dalam menentukan kelayakan lokasi gerai indomaret baru. Input yang diminta dari pengguna adalah kriteria-kriteria penilaian dan hasil yang diberikan sistem adalah rekomendasi lokasi terbaik berdasarkan urutan prioritas nilai alternatif yang paling tinggi. 

Author Biographies

Tiara Vriska, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nur Yanti Lumban Gaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Musa, Brando, "Pengaruh Produk, Harga, Promosi Lokasi Terhadap Omzet Penjualan Telur Ayam," Jurnal Managemen EMBA vol. 7, no. 3, pp. 2701-2710, 2019.

Priadana, Adri, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Deleted Domain Dengan Metode Ahp Dan Saw," 2018.

Royanti Manurung, Retnowati Sitanggang, and Fince Tinus Waruwu, "Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Bidik Misi," 2018.

Sugeng Riyadi, et al, " Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Rumah Tangga Miskin Pada Desa Cibangkong Dengan Metode Waspas," Jurnal Riset Informatika, 2018.

Fitriyani Program Studi Sistem Informasi, STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi di STMIK Atma Luhur Pangkalpinang dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)," vol.2, no. 2, 2016.

Lukita, Chandra, " Analisis Pengambilan Keputusan Penentuan Prioritas Utama Dalam Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran Dengan Menggunakan Metode Perbandingan WASPAS dan MOORA," Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 2019.

Eko Arif Riyanto and Tuti Haryanti, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Teller Poling Terbaik Pada PT. BCA Tbk. Dengan Metode SAW," Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, 2017.

Veradilla Amalia, Dedy Syamsuar, and Linda Atika, "Komparasi Metode WP SAW dan WASPAS Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Penelusuran Minat dan Kemampuan," JURNAL INFORMATIKA, vol. 6, no. 1, pp. 114-121, 2019.

Simatupang, Julianto, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE SAW STUDI KASUS AMIK MAHAPUTRA RIAU," vol. 2, no. 1, 2018.

Noprin Pakaya and Amiruddin, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PESERTA KAPAL PEMUDA NUSANTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP)," ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, 2017.

Riccy Erwandy Marbun, Tiara Hidayati, and Elprida Parhusip, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi, 2018.

Downloads

Published

2021-04-29

Issue

Section

Articles

URN