Implementasi Digital Signature Pada Lampiran Kelengkapan Dokumen Pengeluaran Menggunakan Algoritma Rivest Shamir Adleman Di Klinik Kecantikan London Beauty Center Medan

Authors

  • Akbar Setiawan STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin A STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.391

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini di bidang komunikasi sangat pesat di Indonesia, membuat semua orang dapat terhubung satu dengan yang lainnya, baik itu dalam bentuk data, text, suara, video dan multimedia lainnya. Lampiran kelengkapan dokumen pengeluaran merupakan suatu dokumen yang penting bagi London beauty center. Karena di dalamnya berisikan informasi mengenai nota penjualan, nota tindakan dokter, laporan tindakan dokter dan lain-lain. Yang setiap bulannya dikirim dari setiap cabang ke pusat. Hal inilah yang kemudian sering memunculkan manipualsi terhadap lampiran kelengkapan dokumen pengeluaran tersebut, baik secara data maupun pencetakannya. Dengan adanya pemalsuan tersebut untuk meningkatkan pengamanan, menghindari pemalsuan dokumen dan menjaga keaslian lampiran kelengkapan dokumen pengeluaran, akan dibuat suatu mekanisme pengaman pada lampiran kelengkapan dokumen pengeluaran dengan menyertakan digital signature didalamnya untuk menjaga keutuhan dan otentikasi dari lampiran kelengkapan dokumen pengeluaran tersebut. Digital signature dapat berfungsi untuk menguji keutuhan dan otentikasi suatu dokumen digital, serta dapat mendeteksi perubahan dokumen dari hasil manipulasi. Salah satu cara untuk melakukan digital signature pada dokumen yaitu dengan menggunakan fungsi enkripsi algoritma RSA, dari fungsi enkripsi algoritma RSA tersebut nantinya akan menghasilkan digital signature.

References

A. K. Muchsin, “Makalah Computer Security,†2015.

R. Kurniawan, “Rancang Bangun Aplikasi Pengaman Isi File Dokumen Dengan Algoritma Rsa,†Vol. 6341, No. November, Pp. 46–52, 2017.

E. C. Prabowo And I. Afrianto, “Penerapan Digital Signature Dan Kriptografi Pada Otentikasi Sertifikat Tanah Digital,†Vol. 6, No. 2, 2017.

J. B. Sanger, “Desain Dan Implementasi Mekanisme Tanda Tangan Dijital Dalam Pertukaran Data Dengan Hash Md5 Dan Enkripsi / Dekripsi Menggunakan Algoritma Rsa,†Vol. 12, No. 2, 2015.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-19

Issue

Section

Articles

URN