Penerapan Metode COPRAS Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Ketua Pengkot Taekwonodo

Authors

  • Ikhsan Firmandana STMIK Triguna Dharma
  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Sobirin Sobirin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i4.3904

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan merupakan seperangkat prosedur berbasis pada model utuk memproses data dan penilaian untuk membantu seorang user/manajer dalam pengambilan keputusannya. Salah satunya untuk seleksi calon ketua Pengkot Taekwondo Indonesia Medan, yang selama ini proses penyeleksia dilakikan dengan cara voting antara panitia pelaksana sehingga penilaian kurang efektif,. Maka untuk memcahkan permasalahan tersebut penelitian menggunakan metode Complex Proportional Asessement (COPRAS) untuk seleksi calon ketua pada Pengkot Taekwondo Indonesia Medan dalam membantu proses pengambilan keputusan. Kriteria digunakan dalam proses seleksi adalah Kepemipinan, Pengalaman Berorganisasi, Sosialisasi , Olahraga, dan Umur. Dengan hasil Sistem Pendukung Keputusan untuk penyeleksian calon ketua dapat membantu dalam melakukan penilaian sesuia dengan kriteria yang sudah di tentukan. Setelah diproses menggunakan aplikasi menggunakan metode COPRAS. Calon terbaik di rekomendasikan menjadi calon ketua Pengkot Taekwondo Indonesia Medan, sehingga penilaiaan lebih objektif

Author Biographies

Ikhsan Firmandana, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sobirin Sobirin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. H. Nasyuha, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Pemberian Pinjaman Modal dengan Metode Multi Attribute Utility Theory,†vol. 3, no. 2, pp. 117–125, 2019, doi: 10.30865/mib.v3i2.1093.

R. Taufiq, Sistem Pendukung Keputusan. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2020.

A. Louis and H. Yuriska, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Raskin Di Kecamatan Muara Papalik Jambi,†pp. 41–46, 2018.

R. F. Santoso and N. Hidayat, “Implemetasi Metode Fuzzy AHP ( Analitycal Hierarchy Process ) - COPRAS ( Complex Proportional Assessment ) untuk Rekomendasi Penentuan Kelompok Tani Terbaik ( Studi Kasus : Dinas Pertanian Kabupaten Bangkalan ),†vol. 4, no. 10, pp. 3542–3551, 2020.

M. F. Ridhwan, I. L. Sardi, and S. Y. Puspitasari, “Rekomendasi Pemilihan Tempat Usaha Makanan dengan Metode COPRAS di Kecamatan Jambangan,†vol. 6, no. 2, pp. 9491–9503, 2019

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles

URN