Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Substrat Alami Pada Channa Maruliodes Menggunakan Metode Visekriterijumsko Komppromisno Rangiranje (VIKOR)

Authors

  • Rozan Catur Hakim STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.3902

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan adalah sistem informasi berbasis komputer yang digunakan untuk mendukung pengambilan sebuah keputusan dalam perusahaan atau organisasi dan dikatakan sebagai sistem komputer yang membantu dalam mengelola data menjadi suatu informasi yang dapat menyelesaikan permasalahan dan memberikan keputusan yang tepat.permasalahan yang di temukan dalam penelitian ini adalah analisis suatu permasalahan yang manual dan menunggu waktu lama menjadi kendala dalam mengambil keputusan Substrat Alami Terbaik, maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengambil keputusan Substrat Alami Terbaik. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL Server.Penelitian ini menggunakan metode Visekriterijumsko komppromisno rangiranje (vikor). Adapun sumber data yang digunakan dalam meneliti adalah data-data primer dan sekunder dari press release, serta data yang diambil langsung dari pakar.Adapun hasil dari penelitian ini yaitu memberikan kemudahan kepada pengguna mengetahui Kondisi Media Substrat dan cara mengambil suatu tindakan yang tepat dan data yang telah diperoleh agar dapat dirancang dengan tepat agar tidak menimbulkan kesalahan yang fatal mengenai informasi Subsrat Alami Terbaik. Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Visekriterijumsko komppromisno rangiranje (vikor), Substrat, PHP, MYSQL 

Author Biographies

Rozan Catur Hakim, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitri Boy, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Jufri Halim, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. A. Ningsih et al., “Penerapan Metode VIKOR Pada Pengambilan Keputusan Seleksi Calon Penerima Beasiswa di SMK TPI Al-Hassanah Pematang Bandar,†vol. 2, no. 1, pp. 25–32, 2020.

A. Syahputra, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Pre-Wedding di Kota Medan dengan Menggunakan Metode VIKOR dan BORDA,†J. Sist. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 3, p. 207, 2020, doi: 10.30865/json.v1i3.2159.

A. H. Hasugian and H. Cipta, “Pengertian Sistem Pendukung Keputusan,†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 02, no. April, pp. 14–30, 2018.

B. Hariyanto, “Pengertian Sistem dan Perancangan,†Anal. Sist., pp. 8–24, 2008.

B. A. B. Ii and A. P. Sistem, “Sistem Pengeluaran Kas..., Novira Saputri, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UMP, 2017,†pp. 5–14, 2017.

M. S. Janry Haposan U. P. Simanungkalit, S.Si., “KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI ( Review ),†Lect. Notes Sist. Inf., pp. 1–10, 2012.

L. E. García Reyes, “Sistem Pendukung Keputusan Vikor,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

Downloads

Published

2021-04-29

Issue

Section

Articles

URN