Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Untuk Menentukan Supervisor Cleaning Service Pada PT. Seribu Nusantara Sejahtera Menggunakan Metode WASPAS

Authors

  • Windy Syahfitri STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i5.3897

Abstract

Pada PT. Seribu Nusantara Sejahtera, Supervisor merupakan bagian dari Manajemen yang mempunyai tanggung jawab terhadap karyawan yang diawasi dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya sendir. Supervisor memegang peranan penting di lapangan yang harus mampu memecahkan masalah, mengambil keputusan, memberi solusi dan bertindak terhadap karyawan yang memiliki kesulitan di dalam lingkungan kerja. Permasalahan yang sering terjadi ketika memilih Supervisor ialah kurang efektifnya dalam penilaian terhadap calon Supervisor seperti dengan masih adanya hubungan keluarga, rasa simpati personal antara pemilih Supervisor dengan calon Supervisor sehingga cara pemilihannya tidak didasari dengan ketentuan-ketentuan yang ada. Kesalahan dalam memilih Supervisor ini dapat mengakibatkan tidak terkontrolnya pekerjaan lapangan yang menjadi tugas dari Supervisor itu sendiri atau bahkan menjadi semena-mena dalam bertugas tanpa adanya rasa tanggung jawab terhadap perusahaan.Oleh karena itu solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan tersebut yaitu dengan membangun Sistem Pendukung Keputusan menentukan Supervisor Cleaning Service pada PT Seribu Nusantara Sejahtera. Metode yang dipilih ialah metode WASPAS yang pada proses awalnya dilakukan normalisasi matriks keputusan lalu menghitung normalisasi matriks dan bobot pengambilan keputusan.Dengan menggunakan aplikasi yang sudah dirancang untuk menentukan Supervisor Cleaning Service pada PT. Seribu Nusantara Sejahtera ini dapat membantu dan mempermudah pihak perusahaan dalam mengambil keputusan  dengan cepat dan akurat.

Author Biographies

Windy Syahfitri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Faisal Taufik, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

M. Agustina, “Penentuan Team Leader, Supervisor Dan Facility Services Pada Perusahaan Jasa Berdasarkan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart),†J. Ilm. Matrik, vol. 21, no. 1, pp. 64–75, 2019, doi: 10.33557/jurnalmatrik.v21i1.519.

S. Sugiarti, D. K. Nahulae, T. E. Panggabean, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2018, [Online]. Available: http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom%7CPage%7C103.

A. A, P. S. Ramadhan, and S. Yakub, “Sistem Pendukung Keputusan dalam Menenetukan Calon (Tailor) Penjahit di Ranhouse Medan dengan Menggunakan Metode AggregatedSum Product Assesment,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 3, no. 2, p. 12, 2020, doi: 10.53513/jsk.v3i2.2029.

M. Handayani and N. Marpaung, “Implementasi Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (Waspas) Dalam Pemilihan Kepala Laboratorium,†Semin. Nas. R. 2018 ISSN 2622-9986 STMIK R. R. ISSN 2622-6510 , vol. 9986, no. September, pp. 253 – 258, 2018.

F. Meilida, “Sistem Pendukung Keputusan Mahasiswa Berprestasi Menerapkan WASPAS dan VIKOR,†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, pp. 348–358, 2019, [Online]. Available: https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles

URN