SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI PENYAKIT HYPERACTIVE DISORDER DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER

Authors

  • Pretty Arthauli Sihotang STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.3895

Abstract

Anak merupakan anugerah terindah yang dimiliki oleh orang tua. Tetapi anugerah tersebut kadang memiliki kekurangan atau banyak dari mereka yang mengalami gangguan pada masa perkembangannya. Ada berbagai macam gangguan perkembangan yang diderita oleh anak-anak, salah satunya Hyperactivity Disorder. Hyperactivity Disorder merupakan gangguan pemusatan perhatian disertai hiperaktif. Temperamen seorang anak adalah suatu karakteristik yang hidup dan dinamis, meski terkadang ada seorang anak yang lebih dinamis dibandingkan anak lain. Bila terjadi peningkatan aktivitas motorik yang berlebihan pada seorang anak dibandingkan anak lain sebayanya, maka seringkali si anak dikeluhkan sebagai hiperaktif oleh orang tuanya. Dikalangan usia remaja, angka kejadian Hyperactivity Disorder menjadi menurun, baik pada perempuan maupun laki-laki, tetapi jumlah Hyperactivity Disorder laki-laki tetap lebih banyak.Sistem Pakar (Expert System) adalah program berbasis pengetahuan yang menyediakan solusi-solusi dengan kualitas pakar untuk problema-problema dalam suatu domain yang spesifik. Sistem pakar mempunyai beberapa metode diantaranya adalah metode Dempster Shafer. Metode dempster shafer merupakan metode matematika yang bisa digunakan untuk menentukan sebuah pembuktian berdasarkan pada fungsi kepercayaan (belief functions) dan pemikiran masuk akal (plausible reasoning) yang bisa di implementasikan untuk membuat kombinasi dari potongan informasi yang telah terpisah untuk dikalkulasikan kemungkinan dari suatu peristiwa.Kata Kunci : dempster shafer, hyperactiv disorder, sistem pakar   

Author Biographies

Pretty Arthauli Sihotang, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitri Boy, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Devri Suherdi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Alkaff, H. Khatimi, Y. Sari, P. Darmawan, and R. Primananda, “Sistem Pakar Berbasis Android untuk Mendeteksi Jenis Perilaku ADHD Pada Anak,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 2, pp. 135–140, 2019.

B. H. Hayadi, Sistem Pakar. Deepublish, 2018.

H. Setiawan, “Sistem Pakar Identifikasi Jenis Virus Pada Komputer Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis Android,†Ubiquitous Comput. its Appl. J., vol. 2, no. 2, pp. 123–130, 2019.

H. T. Sihotang, E. Panggabean, and H. Zebua, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, 2018.

A. P. W. G. R. Pangaribuan, W. P. Mustika, and A. Wanto, “Pemilihan Jenis Sapi bagi Peternak Sapi Potong dengan Metode SMART,†Algoritm. J. Ilmu Komput. dan Inf., vol. 3, no. 1, pp. 30–37, 2019.

Downloads

Published

2021-04-29

Issue

Section

Articles

URN