Implememtasi Multi Objective Optimization By Ratio Analysis (MOORA) Dalam Menentukan Masyarakat yang Layak Menerima Bantuan Bedah Rumah Keluarga Miskin Desa Sitombol Padang Galugua Melalui Kantor Wali Nagari Sitombol

Authors

  • Mutmainnah Nur STMIK Triguna Dharma
  • Asysyahri Hadi Nasyuha Stmik Triguna Dharma
  • Beni Andika Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.3892

Abstract

Kemiskinan faktor utama seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan primer maupun sekundernya. Upaya pemerintah agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah dengan cara mengadakan berbagai program penanggulangan kemiskinan, salah satu diantaranya adalah pemberian dana bedah rumah harus tepat diberikan kepada penduduk yang tidak mampu. Memiliki rumah yang layakbisa memberikan kenyamanan dan keamanan saat menempatinya. Tetapi keinginan mempunyai rumah yang layak huni harus musnah disebabkanfaktor kemiskinan. Kemiskinan dapat diprediksi sebagai kondisi ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan pokokndapatkan bantuan bedah rumah adalah mereka yang memenuhi persyaratan yaitu dilihat dari penghasilan masyarakat, kondisi bangunan, luas lahan yang dimiliki dan jumlah tanggungan. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sistem yang memiliki peran dalam pemecahan sebuah masalah danmemiliki kemampuan pengelolaan atau pengkomunikasian untuk masalah semi terstruktur dan tidak terstruktur. Salah satumetode sistem pendukung keputusan yaitu metode Multi Objective Optimization By Ratio Analysis (MOORA) yang merupakan metode yang dapat membantu Kantor Walinagari Sitombol dalam menentukan masyarakat yang layak menerima bantuan bedah rumah tepat pada sasarannya,maka dari itu dibutuhkan sistem pendukung keputusan dalam menentukan masyarakat yang layak menerima bantuan bedah rumah.

Author Biographies

Mutmainnah Nur, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asysyahri Hadi Nasyuha, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Beni Andika, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

H. Fadli and A. Khumaidi, “Model Pengambilan Keputusan Penerima Bantuan Bedah Rumah Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu Menggunakan Metode Saw,†Prociding Kmsi, vol. 6, no. 1, pp. 164–168, 2018.

H. Nalatissifa and Y. Ramdhani, “Sistem Penunjang Keputusan Menggunakan Metode Topsis Untuk Menentukan Kelayakan Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH),†MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 19, no. 2, pp. 246–256, 2020, doi: 10.30812/matrik.v19i2.638.

O. Zedadra et al., “IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI BEDAH RUMAH BAGI WARGA MISKIN DI DESA KARANG ENDAH MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP),†Sustain., vol. 11, no. 1, pp. 1–14, 2019.

A. P. U. S. Anis A Trisnani1, Dede U Anwar1, Wulan Ramadhani1, Monica M Manurung2, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Menerapkan Metode Vise Kriterijumska Optimizajica I Kompromisno Resenje (VIKOR),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. Vol. 5 No., no. 2, pp. 85–90, 2018.

H. A. RICKY, “APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN SISWA TELADAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS,†vol. VIII, no. 2, pp. 112–126, 2016.

Downloads

Published

2021-04-29

Issue

Section

Articles

URN