Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pupuk Terbaik Dengan Menggunakan Metode Weight Product

Authors

  • Dian Dwi Lestari STMIK Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut STMIK Triguna Dharma
  • Afdal Al Hafiz STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.3853

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mernacang dan menciptakan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pupuk Ternaik Pada Tanaman Pasi dimana banyaknya jenis pupuk dengan komposisi dan manfaat yang berbeda menjadi suatu permasalahan bagi penjual pupuk dalam menentukan produk unggulan untuk padi sehingga mempersulit petani dalam melakukan pemilihan pupuk dengan kualitas terbaik. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dirancanglah Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Weight Product yang dilakukan dengan mendefenisikan terlebih dahulu kriteria-kriteria, menormalisasikan setiap nilai vector dan menghitung nilai bobot preferansi. Hasil dari sistem ini memiliki nilai terbesar 0,1367 pada Pupuk NPK Mutiara sebagai pupuk terbaik pada tanaman padi. Dapat disimpulkan penggunaan metode Weight Product cukup efektif.

Author Biographies

Dian Dwi Lestari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Masyuni Hutasuhut, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Afdal Al Hafiz, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

I. Indriastuti, F. Santi Wahyuni and F. Ariwibisono, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pupuk Pada Tanaman Padi Di Jawa Timur Menggunakan Metode Technique For Order Preference By Similarity Of Ideal Solution (TOPSIS) DAN WEIGHT PRODUCT (WP) BERBASIS WEB," 2021.

N. P. Rizanti, L. T. Sianturi, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Pertukaran Pelajar Menggunakan Metode PSI (Preference Selection Index),†Semin. Nas. Teknol. Komput. dan Sains, pp. 263–269, 2019, [Online]. Available: http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sainteks/article/view/165/166

Sriani and R. A. Putri, “Analisa Sistem Pendukung Keputusan Mengunakan Metode TOPSIS Untuk Sistem Penerimaan Pegawai Pada SMA Al Washliyah Tanjung Morawa,†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 02, no. April, pp. 40–46, 2018.

A. Amijaya, F. Ferdinandus, and M. Bayu, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Handphone Dengan Metode Simple Additive Weighting Berbasis WEB,†CAHAYAtech, vol. 8, no. 2, p. 102, 2019, doi: 10.47047/ct.v8i2.47.

Y. Perwira, "Penentuan Peringkat Pelanggan Terbaik Dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus Pt.Asia Raya Foundry)," Jurnal Matik Penusa, vol. III, no. 1, pp. 138-147, 2019

C. Budihartanti, Y. N. Dewi, I. Purnamasari, P. Studi, S. Informasi, S. Tinggi, M Informatika, D.Komputer

and N. Mandiri, "JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh)".

Downloads

Published

2020-01-30

URN