Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Jurnalis Terbaik Di Tabloid Lalulintas Kriminalitas (TLLK) Menggunakan Metode Additive Ratio Assesment (ARAS)

Authors

  • Nova Putri Ani STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syahril STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.3851

Abstract

Jurnalis atau Jurnalistik secara etimologi merupakan suatu karya seni terkait pembuatan catatan mengenai peristiwa yang terjadi sehari - hari. Karya seni tersebut akan menghasilkan sebuah nilai keindahan yang dapat menarik perhatian pembaca, pendengar ataupun pemirsa sehingga dapat dinikmati untuk kehidupan sehari-hari. Informasi yang dapat dipercaya inilah yang menjadi tuntutan kerja seorang  jurnalis yang professional. Sehingga sudah menjadi keharusan yang tidak bisa ditolak, Maka dari itu seorang jurnalis harus memiliki syarat yang sudah ditentukan, seperti Kemampuan dalam menulis berita, Attitude/sikap, kemampuan berkomunikasi, berita yang akurat /fakta, wawasan yang luas dan rasa ingin tahu yang kuat.Untuk itu diperlukan suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat memperhitungkan segala kriteria yang mendukung guna membantu, mempermudah dalam pengambilan keputusan. Dengan menggunakan sistem pendukung keputusan dapat memecahkan masalah yang dihadapi Tabloid Lalulintas Kriminalitas (TLLK) Medan. Adapun metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah diatas adalah metode ARAS yang diharapkan dapat membantu untuk menentukan jurnalis terbaik secara tepat..Hasil yang didapatkan pada penelitian  ini adalah kemudahan para pengambil keputusan berdasarkan  nilai perhitungan & perangkingan yang didapatkan untuk menentukan jurnalis terbaik pada Tabloid Lalulintas Kriminalitas (TLLK) Medan sehingga pemberian reward yang dilakukan tepat sasaran dan dapat membantu untuk peningkatan kinerja sebagai jurnalis.

Author Biographies

Nova Putri Ani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syahril, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yopi Hendro Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Supadiyanto, S.Sos.I., M.I.Kom, “Pengantar Jurnalisme Konvergentif, Menjawab Tren Industri Media Digital,†2020.

Amula Arni, and Rakhmad Kuswandhie, “Sistem Pendukung Keputusan Pembukaan Jaringan Trayek Angkutan Kota Dengan Metode Simpe Additive Weigthing,†Jurnal Ilmiah Binary STIM Bina Nusantara Jaya, vol. 1, no.1,2019.

Syahrul Suci Romadhon, and Desmuyani, “Perancangan Website Sistem Informasi Simpan Pinjam Menggunakan Framework Codeigniter Pada Koperasi Bumi Sejahtera Jakarta,†vol. 3, no. 1, Feb. 2019.

Dwindy Astuty Ridwan, Baharuddin Rahman, Stmik Catur Sakti Kendari, and Jln Abdullah, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMAAN RASKIN (BERAS MISKIN)PADA KECAMATAN KENDARI BARAT MENGGUNAKAN METODE ANALYTHICAL HIERARCHI PROCESS (AHP),†vol. 4, no. 1,2019.

Fadilla Pratiwi, Fince Tinus Waruwu, Dito Putro Utomo, Rian Syahputra “Penerapan Metode ARAS Dalam Pemilihan Asisten Perkebunan Terbaik Pada PTPN V,†2019.

Downloads

Published

2019-03-31

Issue

Section

Articles

URN