Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Prioritas Pengadaan Bahan Baku Pada Sibundong Grafika Menggunakan Metode Weight Aggregate Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • Roindah Tamba STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.3850

Abstract

Sibundong Grafika merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang percetakan. Dalam melakukan pengadaan bahan baku percetakan, perusahaan masih menggunakan cara manual dalam menentukan prioritas pengadaan bahan baku. Namun dalam perkembangannya sampai saat ini, terdapat beberapa permasalahan khususnya dalam hal menentukan prioritas barang yang akan dibeli. Ketersediaan modal yang tidak cukup besar, dan volume gudang yang terbatas. Faktor perkembangan teknologi juga sangat penting, karena sudah menjadi perilaku umum dimana perkembangan teknologi sangat mempengaruhi kebutuhan yang ada pada perusahaan. Solusi dari masalah tersebut diatas yaitu dengan membangun Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Prioritas Pengadaan Bahan Baku Percetakan. Karena terbatasnya waktu dan terbatasnya kemampuan melihat segala aspek dengan akurat sering menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu, diperlukan sistem pendukung keputusan menentukan prioritas pengadaan bahan baku percetakan dengan memperhatikan kriteria-kriteria aspek yang telah ditentukan pihak perusahaan.

Author Biographies

Roindah Tamba, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Darjat Saripurna, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. Wahyudi, ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG BERDASARKAN METODE EOQ DI TOKO ERA BARU SAMARINDA, vol. 2, 2015, pp. 162-173.

“KONSEP SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSANâ€.

R. Manurung, R. Sitanggang dan F. Tinus Waruwu, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Bidik Misi,†2018.

P. Fitriani dan T. S. Alasi, JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Judul Skripsi Mahasiswa dengan Metode WASPAS, COPRAS dan EDAS berdasarkan Penilaian Dosen, vol. 4, 2020, pp. 1051-1061.

S. Suci Romadhon, Jln. Salemba I No. 10 Jakarta Pusat 10430 Indonesia.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles

URN