Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Reward Pada Karyawan Di PT. Kuning Karya Abadi Menggunakan Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)

Authors

  • Musnar Musnar STMIK Triguna Dharma
  • Saiful Nurarif STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.3834

Abstract

Pemberian Reward kepada karyawan bertujuan untuk memotivasi karyawan dan sebagai penentu dalam pemberian reward karyawan, namun selama ini belum optimal dikarenakan kecenderungan terpusat pada penilaian kinerja yang menyebabkan penilaian menjadi tidak objektif serta belum ada pembobotan atau kriteria mana yang paling mempengaruhi kinerja karyawan. Sebuah perusahaan atau organisasi sebenarnya membutuhkan potensi dan kekuatan batin yang kokoh untuk menghadapi setiap kesulitan, hambatan dan perubahan. Hal ini dikarenakan asosiasi yang sedang berkembang kapan saja dapat mengatasi masalah dengan pengaturan yang tepat sesuai dengan keadaan dan kondisi yang ada. Faktor fundamental yang diperlukan dalam memahami asumsi untuk asosiasi adalah faktor aset manusia. Penentuan karyawan terbaik dilakukan tidak hanya dengan cara penunjukan langsung oleh pemimpin, atau manager, akan tetapi sebuah perusahaan harus melakukan penilaian kinerja yang telah dilakukan oleh karyawan dalam jangka waktu tertentu, dan tentunya akan ada sebuah reward atas keberhasilan. Untuk mempermudah organisasi dalam menentukan reward yang mencapai fokus dengan memenuhi setiap ukuran atau kondisi yang telah dikendalikan oleh organisasi, diperlukan suatu sistem yang dapat bekerja dengan organisasi tersebut, salah satunya adalah Sistem Pendukung Keputusan. Sistem Pendukung Keputusan adalah kerangka kerja data interaktif yang memberikan data, menampilkan, dan mengendalikan informasi. Sistem ini digunakan untuk membantu dinamis dalam keadaan semi-terstruktur dan tidak terstruktur, di mana tidak ada yang tahu pasti bagaimana pilihan itu harus dibuat. Salah satu metode dalam sistem pendukung keputusan adalah metode MOORA dimana metode tersebut memiliki tingkat kemampuan beradaptasi dan kesederhanaan pemahaman dalam mengisolasi bagian abstrak dari interaksi penilaian ke dalam aturan bobot pilihan dengan beberapa atribut pengambilan keputusan.

Author Biographies

Musnar Musnar, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Saiful Nurarif, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Milfa Yetri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. A. Pramesti, S. A. P. Sambul, and W. Rumawas, “Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan KFC Artha Gading,†J. Adm. Bisnis, vol. 9, no. 1, p. 57, 2019, doi: 10.35797/jab.9.1.2019.23557.57-63.

T. N. Saragih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Reward Kepada Karyawan Menggunakan Metode Preference Selection Index,†Semin. Nas. Teknol. Komput. Sains, pp. 615–622, 2019.

A. Manik, “Penerapan MOORA dalam Pedukung Keputusan Kelayakan Penerimaan Bantuan Program Keluarga Harapan ( PKH ),†vol. 2, no. September, pp. 42–47, 2020, doi: 10.30865/json.v2i1.2469.

C. Fadlan, A. P. Windarto, and I. S. Damanik, “Penerapan Metode MOORA pada Sistem Pemilihan Bibit Cabai (Kasus: Desa Bandar Siantar Kecamatan Gunung Malela),†J. Appl. Informatics Comput., vol. 3, no. 2, pp. 42–46, 2019, doi: 10.30871/jaic.v3i2.1324.

Rizky Multi Amalia and D. Y. Utami, “Pemberian Reward Berdasarkan Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Metode Ahp Pada Pt. Anugerah Protecindo,†JITK (Jurnal Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Komputer), vol. 3, no. 2, pp. 181–188, 2018, [Online]. Available: http://jitk.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/9.

S. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018, doi: 10.24176/simet.v9i1.1967.

N. W. Al-Hafiz, Mesran, and Suginam, “Sistem Pendukung Keputusan Penentukan Kredit Pemilikan Rumah Menerapkan Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis ( Moora ),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. I, no. 1, pp. 306–309, 2017, [Online]. Available: http://www.stmik-budidarma.ac.id/ejurnal/index.php/komik/article/viewFile/513/455.

M. Ashari, A. Arini, and F. Mintarsih, “Aplikasi Pemilihan Bibit Budidaya Ikan Air Tawar dengan Metode MOORA – Entropy,†Query J. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 63–72, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/view/1069.

L. Olivianita, Ekojono, and R. Ariyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Hasil Cetakan Buku Menggunakan Metode MOORA,†Semin. Inform. Apl., no. 9, pp. 1–6, 2016.

K. Nisa, A. Nur, and S. R. Andani, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN OPERATOR SELULER MENGGUNAKAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS ( MOORA ),†vol. 2, pp. 305–310, 2018.

Downloads

Published

2019-03-30

Issue

Section

Articles

URN