Penerapan Metode Preference Selection Index (PSI) Dalam Menentukan Prioritas Penanganan Perbaikan Jalan Tol

Authors

  • Ester Marsela Sijabat STMIK Triguna Dharma
  • Dudi Rahmadiansyah STMIK Triguna Dharma
  • Sri Kusnasari STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i3.3817

Abstract

PT Jasa Marga (Persero) Tbk cabang Belawan-Medan-Tanjung-Morawa merupakan salah satu penyelenggara jalan tol di Sumatera Utara. Salah satu tugas dari PT.Jasa Marga adalah untuk memelihara jalan tol agar jalan dapat berfungsi sebagai jalan yang bebas hambatan dan dapat mengeefesiensi waktu  bagi penggunanya. Dalam penangan perbaikan jalan tol terdapat suatu metode yaitu metode PSI dalam menentukan prioritas penangan perbaikan jalan tol di Sumatera Utara berbasis Visual Studio.Oleh karena itu diperlukan adanya system pendukung keputusan dengan metode Preference Selection Index (PSI) dalam menentukan prioritas penanganan perbaikan jalan tol di Sumatera Utara yang di implementasikan kedalam apikasi berbasis Visual Studio yang mampu membuat prioritas perbaikan jalan.Hasil program ini menenjukan bahwa system yang dibangun dapat membantu PT.Jasa Marga dalam mengambil keputusan menentukan priritas perbaikan jalan tol. 

Author Biographies

Ester Marsela Sijabat, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dudi Rahmadiansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Kusnasari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

P. Pemerintah, R. Indonesia, and P. R. Indonesia, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tentang,†pp. 1–10, 1995, [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/4820.

UU No. 38 tentang jalan, “UU No. 38 tahun 2004 tentang Jalan,†Peratur. Tentang jalan, p. 3, 2004.

F. Nurrochman, Harliana, and O. S. Bachri, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Metode Ahp-Topsis,†Semin. Nas. Ilmu Terap., vol. 3, pp. 1–8, 2017.

A. Mubarok and A. Rosmiati, “Sistem penunjang keputusan prioritas perbaikan jalan menggunakan metode analytical hierarchy process,†Informatika, vol. 3, no. September, pp. 200–207, 2016.

R. Panggabean and N. A. Hasibuan, “Penerapan Preference Selection Index ( PSI ) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Supervisor Housekeeping,†Rekayasa Tek. Inform. dan Inf., vol. 1, no. 2, pp. 85–93, 2020.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

URN