Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Hepatitis Dengan Menggunakan Metode Algoritma K-Nearest Neightbor

Authors

  • Ilham Kurniawan STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Mhd Gilang suryanata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i3.3814

Abstract

Penderita hepatitis di Indonesia diperkirakan cukup tinggi. Setengah dari jumlah itu diduga memiliki penyakit liver kronis, dengan 10 persen di antaranya menjadi kanker liver. Gejala yang nampak pada penyakit ini mirip dengan penyakit biasa menyebabkan sering di abaikan oleh sebagian besar orang. Sehingga, sering dijumpai penyakit ini sudah pada kondisi akut dan kronis yang sulit untuk disembuhkan hingga menyebabkan kematian.kekurangan media informasi yang mudah diakses dari seorang pakar kesehatan atau dokter speasialis penyakit merupakan salah satu penyebabnya. Aplikasi yang dibangun akan bisa membantu penderita hepatitis dalam mendiagnosa dan memberikan informasi tentang penyakit hepatitis yang dialami.Melihat permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah aplikasi sistem pakar mendiagnosa penyakit hepatitis dengan menggunakan metode k-nearest neighbor yang mampu mendiagnosa jenis penyakit hepatitis berdasarkan gejala-gejala yang dialami oleh pasien dengan mengacu pada pengetahuan dari pakar.Dengan adanya aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa jenis penyakit hepatitis pada manusia dapat membantu tenaga medis untuk melakukan diagnosa awal untuk menghasilkan informasi yang lebih cepat dan akurat sehingga dapat dilakukan penanganan lebih lanjut untuk penyakit hepatitis yang diderita oleh pasien.

Author Biographies

Ilham Kurniawan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Darjat Saripurna, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mhd Gilang suryanata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. Ramdhani, R. R. Isnanto, and I. P. Windasari, “Pengembangan Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Hepatitis Berbasis Web Menggunakan Metode Certainty Factor,†J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3, no. 1, p. 58, 2015, doi: 10.14710/jtsiskom.3.1.2015.58-64.

“No Title,†vol. XI, no. 1, pp. 69–78, 2014.

M. Silmi, E. A. Sarwoko, and K. Kushartantya, “Sistem Pakar Berbasis Web Dan Mobile Web Untuk Mendiagnosis Penyakit Darah Pada Manusia Dengan Menggunakan Metode Inferensi Forward Chaining,†J. Masy. Inform., vol. 4, no. 7, pp. 1–8, 2013, doi: 10.14710/jmasif.4.7.31-38.

I. B. Y. Semara Putra and S. Wibisono, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Anjing Menggunakan Metode Case Based Reasoning dan Algoritma K-Nearest Neighbour,†J. Inform. Upgris, vol. 6, no. 1, 2020, doi: 10.26877/jiu.v6i1.6145.

ا. سینا, “No Titleقانون در طب,†no. 1, p. 283, 1386.

D. Kurniawan, “Usecase Diagram,†pp. 1–34, 2011.

D. Sukrianto and M. D. Alhafizh, “Pemanfaatan Teknologi Berbasis Web Sistem Informasi Koperasi Syariah Pada Pengadilan Agama Pekanbaru,†J. Intra Tech, vol. 3, no. 2, 2019.

W. Aprianti and U. Maliha, “Sistem Informasi Kepadatan Penduduk Kelurahan

Downloads

Published

2021-03-29

Issue

Section

Articles

URN