Implementasi Kriptografi Dengan Metode Aes (Advance Encryption Standard) Untuk Mengamankan Data Penjualan Di Toko Sweet Amirah

Authors

  • Astri Handayani STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Rico Imanta Ginting STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.3812

Abstract

Perusahaan Swasta besar ataupun perusahaan kecil, biasanya mereka juga memiliki beberapa aset data ataupun informasi yang bersifat privasi, contohnya : data keuangan, data client dan data penjualan. Adapun salah satu usaha di kota medan yang memiliki data yang sangat penting dan untuk melindungi dari kecurangan adalah usaha Toko Sweet Amirah yang salah satu cabang toko di Komplek JCity. Dimana setiap toko cabang memiliki data penjualan yang berisikan dari hasil penjualan toko dan stok toko. Data penjualan ini sangat penting bagi perusahaan, dikarenakan jika terdapat kecurangan maka akan mengalami kerugian yang sangat fatal. Maka dari itu, pemilik usaha ingin menerapkan suatu sistem yang dapat melindungi data penjualan mereka agar data menjadi privasi dan tidak dapat dilakukan perubahan secara sembaranganBerdasarkan penjelasan permasalahan yang diterangkan diatas, ada pengetahuan dalam bidang keamanan yaitu kriptografi yang dapat digunakan dalam pengamanan data yang dimiliki oleh Toko Sweet Amirah untuk menjaga kerahasian data penjualan dari pihak-pihak yang tidak berhak mengetahui data tersebut. Kriptografi merupakan  pengetahuan dan seni untuk melindungi kerahasiaan pesan (data atau informasi) dengan teknik merahasiakan ke dalam bentuk kode yang tidak memiliki arti. Dimana salah satu metode yang dapat digunakan dalam proses keamanan data dan memiliki keamanan yang cukup baik adalah metode AES.Adapun hasil keamanan yang akan didapatkan dengan menggunakan metode AES ini adalah kemanan data yang dengan tingkat keamanan yang cukup baik, data akan diamankan dengan menggunakan kunci yang telah dibuat dan dirahasiakan. Hasil enkripsi dari metode AES dalam sistem ini yaitu berupa karakter.

Author Biographies

Astri Handayani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Nurcahyo Budi Nugroho, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi (SI)

Rico Imanta Ginting, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi (SI)

References

O. Dakhi, M. Masril, R. Novalinda, J. Jufrinaldi, and A. Ambiyar, “Analisis Sistem Kriptografi dalam Mengamankan Data Pesan Dengan Metode One Time Pad Cipher,†INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 20, no. 1, pp. 27–36, 2020, doi: 10.24036/invotek.v20i1.647.

R. Nuari, N. Ratama, J. T. Informatika, F. Teknik, and U. Pamulang, “Implementasi Algoritma Kriptografi AES ( Advanced Encryption Standard ) 128 Bit Untuk Pengamanan Dokumen Shipping,†vol. 1, no. 2, pp. 37–44, 2020.

B. Anwar, Azanuddin, N. B. Nugroho, and R. Siregar, “Aplikasi Pengamanan Dokumen Penjualan Tiket Pesawat Di Pt . Benua Raya Jaya Tour And Travel Menggunakan Metode Advanced Encryption Standard ( AES ),†J-Sisko Tech, vol. 3, no. 1, pp. 96–102, 2020.

S. Setti, I. Gunawan, B. E. Damanik, S. Sumarno, and I. O. Kirana, “Implementasi Algoritma Advanced Encryption Standard dalam Pengamanan Data Penjualan Ramayana Department Store,†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 7, no. 1, p. 182, 2020, doi: 10.30865/jurikom.v7i1.1960.

PT Mid Solusi Nusantara, “Pengertian Penjualan, Manfaat, dan Jenis-jenisnya.†www.jurnal.id.

Downloads

Published

2019-03-02

URN