Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Trypophobia Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Aji Imansyah STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • M. Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i3.3796

Abstract

Trypophobia digambarkan sebagai respon jijik atau perasaan tidak enak dengan mengamati sekelompok objek berbentuk lubang-lubang yang berdekatan dan tidak berbahaya. banyaknya masyarakat umum yang belum mengetahui tentang penyakit trypophobia. Hal ini akan mengakibatkan terhambatnya penanganan atau pencegahan dini terhadap sesorang yang mengalami penyakit trypophobia.Melihat permasalahan tersebut maka diperlukan diagnosa penyakit Trypophobia, dengan sebuah sistem yaitu sistem pakar menggunakan metode certainty factor. Maka dari itu dirancanglah sebuah sistem aplikasi berbasis Web dengan menerapkan metode certainty factor dimana nilai kesimpulan akhir dijadikan informasi untuk untuk jenis penyakit Trypophobia berdasarkan gejala – gejla yang telah dialami . Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan mendiagnosa penyakit Trypophobia secara sistematis, sehingga dapat dilakukan penanganan ataupun pencegahan yang cepat dan tepat sesuai dengan hasil dari diagnosanya.

Author Biographies

Aji Imansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Darjat Saripurna, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

M. Syaifuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Atrup and D. Fatmawati, “Hipnoterapi Teknik Regression Therapy Untuk Menangani Penderita Glossophobia Siswa Sekolah Menengah Pertama" J. PINUS., vol. 3, no. 2, p. 121, 2018.

J. Arifin, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi dan Mulut Manusia Menggunakan Knowledge Base System dan Certainty Factor,†J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 10, no. 2, pp. 50–64, 2016.

M. Silmi, E. A. Sarwoko, and F. Chaining, “Sistem pakar berbasis web dan mobile untuk mendiagnosa penyakit darah pada manusia dengan menggunakan metode interfensi forward chaining,†vol. 4, pp. 31–38, 2015.

A. Supiandi and D. B. Chandradimuka, “Sistem Pakar Diagnosa Depresi Mahasiswa Akhir Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Mobile,†J. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 102–111, 2018..

M. Y. Arfian, “Self-efficacy of teenage girl with specific fobia p,†vol. 17, no. 2, pp. 141–150, 2015.

Downloads

Published

2021-03-29

Issue

Section

Articles

URN