Implementasi Data Mining Untuk Mengelompokkan Daerah Rawan Tindakan Kriminal Di Kota Medan Menggunakan Metode K-Means

Authors

  • Jolly Folbiner Butarbutar STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i3.3793

Abstract

Kota Medan yang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi.Hal ini bisa memicu tingkat angka kriminalitas yang terjadi  berbeda-beda di setiap Kecamatan yang ada di wilayah hukum POLRESTABES Medan.Kota Medan memiliki 151 kelurahan. Pihak kepolisian pada wilayah hukum Kota besar Medan akan membagi tugas untuk menjaga setiap lokasi di mana jumlah petugas yang disiapkan untuk berjaga-jaga disesuaikan dengan tingkat kejadian kriminal pada lokasi tersebut. Sulitnya untuk mengetahui atau mengelompokkan lokasi daerah yang rawan berdasarkan tingkat kriminal pada Kota Medan menimbulkan permasalahan yang mempersulit pembagian tugas oleh pihak kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban di setiap lokasi.Atas permasalahan tersebut,dibutuhkan sebuah aplikasi data mining yang mampu mengelompokkan lokasi daerah yang rawan tindakan kriminal di Kota Medan.Di mana setiap data yang telah  diperoleh dari pihak kepolisian kota besar Medan dihitung menggunakan salah satu metode data mining yang mampu mengelompokkan lokasi daerah rawan tindakan kriminal yaitu algoritma metode K-Means clustering.Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi data mining yang telah dibangun dengan penerapan algoritma metode K-Means Clustering yang mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada penelitian ini terkait pengelompokan lokasi daerah rawan tindakan kriminal.. 

Author Biographies

Jolly Folbiner Butarbutar, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Nurcahyo Budi Nugroho, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Widiarti Rista Maya, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Supriyadi, "Penetapan Tindak Pidana Sebagai Kejahatan Dan Pelangganran Dalam Undang-Undang Pidana Khusus," Mimbar Hukum, vol. 27, pp. 389-403, 2015.

I.Data et al."Triguna Dharma Medan 2020,"2020.

Dicky Nofriansyah, "Penerapan Data Mining dengan Algoritma Naive Bayes Clasifier untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan terhadap Kartu Internet XL (Studi Kasus di CV. Sumber Utama Telekomunikasi)," Saintikom, vol. 15, pp. 81-92, 2016.

M Syaifuddin, "Rancang Bangun Aplikasi Data Mining Untuk Mendukung Strategi Penentuan Passing Grade Perguruan Tinggi Dengan Metode Clustering," Saintikom, vol. 17, pp. 19-26, 2018.

Ade Bastian, "Penerapan Algoritma K-Means Clustering Analysis Pada Penyakit Menular Manusia (Studi Kasus Kabupaten Majalengka)," Journal of Information System, vol. 14, pp. 26-32, 2018.

Retno, Data Mining & Teori dan Aplikasi Rapidminer. Surakarta: Gaya Media, 2017.

Taghsya Izmi Andini, "Prediksi Potensi Pemasaran Produk Baru dengan Metode Naïve Bayes Classifier dan Regresi Linear," SNATI, pp. 27-32, 2016.

Rio Tutrianto, "Munculnya Wilayah Kejahatan di Perkotaan (Studi Pada Kota Pekanbaru)," Kriminologi Indonesia, vol. 14, pp. 15-24, 2018.

Yohani Syahra, "Penerapan Data Mining Dalam Pengelompokkan Data Nilai Siswa Untuk Penentuan Jurusan Siswa Pada Sma Tamora Menggunakan Algoritma K-Means Clustering," Saintikom, vol. 17, pp. 228-233, 2018.

Eka Iswandy, "Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu Di Kenagarian Barung – Barung Balantai Timur," Teknoif, vol. 3, pp. 70-79, 2015.

Radna Nurmalina Santoso, "perencanaan dan pengembangan aplikasi absensi mahasiswa menggunakan smart card guna pengembangan kampus cerdas (studi kasus politeknik negeri tanah laut)," Integrasi, vol. 9, pp. 84-91, 2017.

Seprida Hanum, "Pemanfaatan Aplikasi Penggambar Diagram Alir (Flowchart) Sebagai Bahanajar Untuk Mata Kuliah Sistem Akuntansi Di Fakultas Ekonomi Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Medan," Kitabah, vol. 1, pp. 92-105, 2017.

Joko Dwi Mulyanto, "Aplikasi Pembayaran Dsp Dan Spp Sekolah Pada SMK Ti Bintra Purwokerto," Evolusi, vol. 6, pp. 49-60, 2018.

Muhammad Arifin, "Perancangan Sistem Informasi Pusat Karir Sebagai Upaya Meningkatkan Relevansi Antara Lulusan Dengan Dunia Kerja Menggunakan Uml," Ic-Tech, pp. 42-49, 2017.

Fifin Sonata, "Pemanfaatan Uml (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer," Komunika, vol. 8, pp. 22-31, 2019.

Suendri, "Implementasi Diagram Uml (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan)," Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 3, pp. 1-9, 2018.

Yunahar Heriyanto, "Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.Apm Rent Car," Intra-Tech, vol. 2, pp. 64-77, 2018.

Mardison, "Pengembangan Aplikasi Penerimaan Siswa Baru dengan Menggunakan Pemrograman Visual Basic 2010 dan Database MYSQL pada Kursus Primagama Bukittinggi," Riau Journal Of Computer Science, vol. 2, pp. 73-86, 2016.

Fitri Ayu, "Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek Kerja Lapangan (PKL) Pada Devisi Humas PT. Pegadaian," Intra-Tech, vol. 2, pp. 12-26, 2018.

Sutan Mohammad Arif, "Perancangan Sistem Informasi Gudang Obat Pada Rumah Sakit Umum Islam Madinah Kasembon Malang," CESS, vol. 3, pp. 23-27, 2018.

Deval Gusrion, "Membuat Aplikasi Penyimpanan Dan Pengolahan Data Dengan Vb.Net," komtekinfo, vol. 5, pp. 150-163, 2018.

Alfadita Shany, "Sistem Informasi Evaluasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman)," Informatika Mulawarman, vol. 11, pp. 37-43, 2016.

Downloads

Published

2021-03-29

Issue

Section

Articles

URN