Penerapan Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Toxoptera Citridus Aurantii Pada Tanaman Jeruk Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Epa Trisnawati Simanjuntak STMIK Triguna Dharma
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i3.3789

Abstract

Toxoptera Citridus Aurantii merupakan  salah satu jenis serangga yang menjadi jeruk yang merusak. Serangga ini menjadi hama karena embun madu yang dihasilkan menarik semut dan memicu pertumbuhan kapang pada permukaan daun yang menghambat fotosintesis. Gejala serangan terjadi akibat kutu pucuk hitam ini, diantaranya menyerang bagian tunas dan daun muda dengan cara menghisap cairan tanaman sehingga helaian daun menggulung. Serangan kutu ini dapat menghambat dan menyebabkan pertumbuhan pucuk menyimpang. Berdasarkan masalah yang terjadi, dengan menggunakan sistem pakar akan dapat membantu atau solusi dalam mendiagnosa penyakit Toxoptera Citridus Aurantii pada tanaman jeruk dengan menggunakan metode Teorema Bayes. Teorema Bayes merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menghitung probabilitas terjadinya sebuah peristiwa berdasarkan pengaruh yang diperoleh dari hasil penelitian (observasi).Hasil program ini menunjukkan bahwa sistem yang dibangun berbasis desktop dapat membantu memperoleh hasil yang tepat. Aplikasi ini nantinya akan digunakan oleh Dinas Pertanian untuk membantu masyarakat dalam mendiagnosa penyakit pada tanaman jeruk.

Author Biographies

Epa Trisnawati Simanjuntak, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dedi Setiawan, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Yopi Hendro Syahputra

Sistem Informasi

References

M. S. Mahua, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Tanaman Jeruk ( Limau ) Menggunakan Metode Bayes,†JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 196–202, 2018.

D. Jawa et al., “Jeruk.†pp. 1–2, 2020, [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Jeruk.

G. W. Sasmito, “Sistem Pakar Diagnosis Hama dan Penyakit Tanaman Hortikultura dengan Teknik Inferensi Forward dan Backward Chaining,†J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 5, no. 2, p. 69, 2017, doi: 10.14710/jtsiskom.5.2.2017.70-75.

M. K. Zulfian Azmi S.T., M, Kom & Verdi Yasin S.Kom., Pengantar Sistem Pakar Dan Metode. 2019.

M. K. Zulfian Azmi S.T., M, Kom & Verdi Yasin S.Kom., No Title. 2019.

Downloads

Published

2021-03-29

Issue

Section

Articles

URN