Implementasi Internet Of Things (IOT) Safety Room Dalam Mendeteksi Noisy Level Intensity Pada Rest Area Kantor PT. Tolan Tiga Indonesia Berbasis Nodemcu

Authors

  • Munandar Sasmita STMIK Triguna Dharma
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i3.3785

Abstract

Kebisingan merupakan gangguan yang dapat mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan. Disisi lain pada kantor PT.Tolan Tiga Indonesia sangat membutuhkan kedisplinan dalam operasionalnya pada saat jam kerja, sering terjadi kebisingan di rest area kantor ini pada saat jam kerja. Salah satunya para driver yang berkumpul di rest area pada saat jam kerja dan membuat kebisingan, tentu hal ini sangat mengganggu para karyawan yang sedang bekerja. Untuk itu perlu sistem kendali otomatis untuk mengurangi atau menghilangkan kebisingan pada saat jam operasional kantor ini.  Perusahaan perkebunan PT. Tolan Tiga Indonesia ini mengolah sumber daya perkebunan di propinsi Sumatera Utara. Melihat permasalahan tersebut, pembuatan sistem monitoring intensitas suara pada rest area kantor akan menjadi suatu aspek yang dapat mengontrol kebisingan suara dengan sistem kerja menggunakan sinyal analog. Intensitas suara pada rest area kantor akan ternetralisasi dan tidak bising karena sistem yang terintegrasi dan otomatisasi. Sistem akan bekerja jika terindikasi adanya suara berlebih yaitu dengan mengaktifkan buzzer sebagai notifikasi suara alarm dan mengirim informasi ke operator bahwa rest area kantor terindikasi suara bising. Hasil dari penelitian ini mampu mengatasi permasalahan dalam pengoperasiannya yaitu dapat mendeteksi kebisingan pada rest area kantor PT.Tolan Tiga Indonesia menggunakan sensor microphone condensor secara jarak jauh dan terintegrasi.

Author Biographies

Munandar Sasmita, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Dedi Setiawan, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Ardianto Pranata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

A. Rizal, “Tahapan Desain dan Implementasi Model Machine Learning untuk Sistem Tertanam,†Ultim. Comput. J. Sist. Komput., vol. 12, no. 2, pp. 79–85, 2020, doi: 10.31937/sk.v12i2.1782.

G. Mahardhian, D. Putra, and D. A. Setiawati, “RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI PENGEMAS KEDELAI SEMI OTOMATIS Guyup,†vol. 7, no. 2, pp. 112–119, 2019.

F. Thabit, A. P. S. Alhomdy, A. H. A. Al-Ahdal, and P. D. S. Jagtap, “ANALISIS INTENSITAS KEBISINGAN TERHADAP KELELAHAN KERJA OPERATOR PRODUKSI DI PT EOB,†Glob. Transitions Proc., vol. 3, no. 3, pp. 21–30, 2020.

R. P. Pratama, “APLIKASI WEBSERVER ESP8266 UNTUK PENGENDALI PERALATAN LISTRIK,†vol. 17, no. 2, 2017, doi: 10.31227/osf.io/pjwxd.

M. A. P. Putra and I. G. J. E. Putra, “Analisis Performansi Sensor Pada Alat Pemadam Kebakaran Berbasis Internet of Things,†J. Ilm. Ilmu Terap. Univ. Jambi|JIITUJ|, vol. 4, no. 2, pp. 123–131, 2020, doi: 10.22437/jiituj.v4i2.11601.

I. Z. Saniman, Mukhlis Ramadhan, “Rancang Bangun Smart Glass Telemetri Tegangan Menggunakan Teknik Simplex Berbasis Arduino Nano,†J-Sisko Tech, vol. Vol. 3, no. 1, pp. 12–18, 2020.

Downloads

Published

2021-03-29

Issue

Section

Articles

URN