Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Pada Laundry Dengan Menggunakan Metode FAM (Fuzzy Associative Memory)

Penulis

  • Fitria Ramadani Manurung STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i10.3782

Abstrak

Rumah Laundry adalah bidang jasa usaha yang memberikan jasa layanan mencucikan pakaian, mengeringkan pakaian, menjemur pakaian, menggosok pakaian dan melipat pakaian untuk orang-orang yang mungkin saja tidak punya waktu melakukan itu sendiri dirumah karena sibuk ataupun karena agar praktis. Agar dapat bertahan dan berkembang dengan baik, maka Rumah Laundry harus dapat menciptakan kemampuan bersaing yang baik, terutama dalam hal kualitas, kecepatan dan pelayanan, sehingga dapat memenangkan persaingan. Kepuasan pelanggan sangat krusial bagi kalangan bisnis, pemerintah, dan juga konsumen. Dalam dunia Usaha, tingkat kepuasan pelanggan dipandang sangat pital. Karena tingkat kepuasan pelanggan berpotensi pada meningkatnya perkembangan usaha  jangka panjang dan jangka pendek, serta pangsa pasar sebagai hasil pembelian ulang. Oleh karena itu dibuatlah suatu sistem untuk menentukan tingkat kepuasan pelanggan dengan mengimplementasikan sistem pendukung keputusan.

Biografi Penulis

Fitria Ramadani Manurung, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Purwadi Purwadi, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

Sri Murniyanti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

M. Luthfi and F. H. B, “Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Usaha Bisnis ‘ Laundry ,’†vol. 1, no. 1, pp. 49–64, 2018.

N. Made, A. Ni, and L. Ratniasih, “PENERIMAAN KARYAWAN DENGAN METODE K-MEANS CLUSTERING BERBASIS WEB oleh Michael S . Scoot Morton dengan istilah Management Decision System . Konsep yang membantu pengambilan keputusan memanfaatkan data dan model untuk Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai,†vol. 1, no. 1, pp. 69–84, 2018

N. Misbah, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Efek Penurunan Penjualan Menggunakan Metode Fuzzy Associative Memory,†vol. 7, no. 3, pp. 224–228, 2020.

M. Dahria, S. N. Arief, I. Santoso, and R. Kustini, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Customer Terhadap Pelayanan Jasa Kebersihan Di Pt . Sas MenggunakanMetode Fuzzy Asosiative Memory,†vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2020.

M. K. Situmorang, “Implementasi Fuzzy Associative Memory ( FAM ) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan ( RSU ) Martha Friska Multatuli Medan,†vol. 3, no. 1, pp. 70–77, 2020.

Diterbitkan

2020-10-30

Terbitan

Bagian

Articles

URN