Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Hewan Tapir Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Widar Putra Selamat Bate'e STMIK Triguna Dharma
  • Iskandar Zulkarnain STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.378

Abstract

Tapir merupakan hewan mamalia besar yang bersifat soliter atau menyendiri. Tapir terlihat bersama tapir lainnya hanya pada saat kawin, merawat anak yang baru lahir dan pada saat berkelahi  dengan tapir lainnya. Bentuk tubuh dari tapir ini mirip dengan badak dan juga memiliki belalai seperti gajah hanya saja lebih pendek dibanding dengan belalai gajah. Tapir yang dewasa memiliki dua pola warna tubuh yaitu warna hitam setengah tubuh dibagian depan dan warna putih dibagian belakang.Sistem pakar merupakan sebuah sistem aplikasi yang memiliki kemampuan layaknya seperti berpikir seorang pakar dalam menyelesaikan  masalah terkait penyakit pada hewan tapir sehingga dapat menghasilkan  sebuah kesimpulan atau solusi. Hasil dari penelitian ini mendapatkan suatu keluaran berupa penyakit yang dialami oleh hewan tapir serta solusi penanganan pada penyakit yang dialami oleh hewan tapir tersebut dengan menggunakan metode teorema bayes, sehingga dapat membantu pihak klinik kesehatan hewan dalam menangani penyakit tapir.

References

K. Tnwk, T. Tapirus, W. Kambas, and N. Park, “SEBARAN JENIS PAKAN TAPIR ( Tapirus indicus , Desmarest , 1819 ) DI TAMAN NASIONAL WAY,†no. x, pp. 1–12, 2012.

H. T. Sihotang, E. Panggabean, and H. Zebua, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 33–40, 2018.

L. Viena, “PERILAKU MERAWAT ANAK PADA TAPIR ASIA ( Tapirus indicus ) DI TAMAN SAFARI INDONESIA JAWA BARAT,†pp. 1–5, 2018.

H. Aksad, F. Aditiya, S. T. Informatika, K. Selatan, and T. Padi, “Model Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Certainty Factor,†2019.

T. Syahputra, M. Dahria, and P. D. Putri, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Anemia Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†1978.

Downloads

Published

2018-04-25

Issue

Section

Articles

URN