SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT KANKER HATI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DAN CASE BASE REASONING

Authors

  • Robby Indra Pradana STMIK Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i3.3766

Abstract

Hati (Hepar) merupakan organ di dalam tubuh yang sangat penting dan sebagai pusat metabolisme tubuh. Hati menerima semua darah yang datang dari usus melalui vena porta dan akan menyimpan dan mengubah bahan-bahan makanan yang diterima vena porta. Hati juga memproduksi empedu yang disimpan dalam kantong empedu dan akan dikeluarkan bila diperlukan. Empedu dalam saluran pencernaan bermanfaat untuk absorpsi lemak dan vitamin-vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin Kpenelitian ini akan membangun sebuah sistem yang dapat mempermudah pemberian solusi masalah kanker hati tanpa harus konsultasi secara langsung ke dokter khusus dikarenakan hal itu memakan cukup waktu dan biaya yang mahal. Penelitian ini akan menerapkan sebuah kecerdasan buatan yaitu Sistem Pakar (Expert System) menggunakan metode Certainty Factor dan Case Base Reasoning.Penelitian Metode CBR (Case Base Reasoning) bisa digunakan untuk mencari solusi dari permasalahan berdasarkan dari pengalaman kasus dimasa lalu, sehingga segala permasalahan dapat diselesaikan untuk selanjutnya kasus serta solusinya disimpan untuk kemudian dapat digunakan kembali untuk memecahkan kasus baruKata Kunci :Certainty Factor, Case Base Reasoning, Kanker Hati, Sistem Pakar

Author Biographies

Robby Indra Pradana, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Deski Helsa Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Milfa Yetri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

References

T. R. Latifatul Khairiah, Tursina, “Sistem Pakar Diagnosis Kanker hati Dengan Metode Dempster Shafer Berbasis Android,†J. Coding Sist. Komput. Untan, vol. 5, no. 2, pp. 57–66, 2017, [Online]. Available:http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jcskommipa/article/view/19889.

S. Lestari, W. Diantoro, and F. I. Komputer, “Metode Case Based Reasonig (Cbr) Pada Sistem Diagnosa Penyakit Kulit,†J. Inform., vol. 18, no. 1, pp. 21–34, 2018.

S. Nurajizah and M. Saputra, “Sistem Pakar Berbasis Android Untuk Diagnosa Penyakit Kulit Kucing Dengan Metode Forward Chaining,†None, vol. 14, no. 1, pp. 7–14, 2018.

I. Russari, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Batu Ginjal Menggunakan Teorema Bayes,†J. Ris. Komput., vol. 3, pp. 18–22, 2016.

B. G. Alhogbi, “Penerapan Case Based Reasoning Untuk Penentuan Obat Berbasis Algoritma Nearest Neighbor,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 21–25, 2017, [Online]. Available: http://www.elsevier.com/locate/scp.

Downloads

Published

2021-03-29

Issue

Section

Articles

URN