Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Memprediksi Jumlah Penjualan Rumah Dengan Menggunakan Metode Backpropagation (Studi Kasus PT. Putra Pratama Properti)

Authors

  • Dwiyan Aprianus Bazisokhi Zai STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3758

Abstract

PT. Putra Pratama Properti merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang real estate dan properti yang melakukan kegiatan usaha bisnisnya untuk melakukan penjualan rumah. Dimana dalam melakukan kegiatan penjualan mengenal adanya istilah prediksi. Prediksi menjadi masukan bagi proses perencanaan dan pengambilan keputusan, sehingga dengan adanya ramalan pihak perusahaan bisa mengantisipasi terhadap kemungkinan akan hal-hal yang akan terjadi jika tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dengan membuat prediksi penjualan berarti perusahaan memiliki target yang akan dicapai dimasa yang akan datang.Oleh karena itu diperlukan adanya sebuah sistem aplikasi yang mampu memprediksi penjualan rumah di bulan berikutnya. Dengan adanya sistem aplikasi tersebut diharapkan kinerja dan waktu dalam memprediksi penjualan rumah menjadi efektif dan efisien sehingga perusahaan bisa mengantisipasi terhadap kemungkinan akan hal-hal yang akan terjadi.Backpropagation merupakan salah satu metode yang bisa diterapkan untuk memprediksi penjualan rumah pada penelitian ini. Kelebihan dari metode ini ialah mampu memformulasikan pengalaman dan pengetahuan prediksi serta sangat fleksibel dalam perubahan aturan perkiraan. Hasil program yang telah dibangun dengan berbasis web menunjukan bahwa sistem dapat membantu perusahaan dengan cepat dalam memprediksi penjulan rumah pada PT. Putra Pratama Properti.

Author Biographies

Dwiyan Aprianus Bazisokhi Zai, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Jufri Halim, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Ratningsih, “Forecasting Penjualan Rumah Dengan Menggunakan Metode Trend Moment Pada PT Rumakita Prima Karsa,†Perspektif, Vol.15, No. 1, Maret 2017, pp. 40-48.

H. Simbolon and I. N. Nasution, “Desain Rumah Tinggal Yang Ramah Lingkungan Untuk Iklim Tropis,†Educ. Build., Vol. 3, No. 1, Juni 2017, pp. 46–59.

Aisyah Fany Achmalia , Walid, Sugiman, “Peramalan Penjualan Semen Menggunakan Backpropagation Neural Network Dan Recurent Neural Network,†UNNES Journal of Mathematics, Vol. 9, No. 8, Juni 2020,pp. 6–21.

I. Arisyandy, C. Setianingsih, F. T. Elektro, and U. Telkom, “PREDIKSI HARGA LAHAN MENGGUNAKAN METODE RADIAL BASIS FUNCTION PREDICTION of NILAI JUAL OBJEK PAJAK ( NJOP ) USING RADIAL,†e-Proceeding Eng., Vol. 5, No. 3, Desember 2018, pp. 6409–6416.

Diyah Puspitaningrum, Pengantar Jaringan Syaraf Tiruan, Edisi I, Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2006.

Downloads

Published

2021-02-26

URN