Implementasi Kriptografi Untuk Mengamankan Data Absensi Karyawan Pada PT. Penerbit Erlangga Mahameru Medan Menggunakan (Data Enycription Standard)

Authors

  • Arief Anrico Pandiangan STMIK TRIGUNAA DHARMA
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Afdal Alhafiz STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3745

Abstract

 Dalam sebuah perusahaan Data absensi karyawan dibutuhkan untuk mengetahui apakah seorang karyawan datang dan meninggalkan kantor sesuai dengan jam kerja yang telah di tentukan atau tidak. selain itu absensi juga dibutuhkan untuk mengetahui apakah seorang karyawan bekerja lembur atau tidak, dan oleh sebab itu PT. erlangga juga harus lebih meningkatkan keamanan data absensi harian karyawan agar tidak. Data Encryption Standard (DES) adalah salah satu metode kriptografi cipher blok yang popular digunakan karena tingginya tingkat keamanan informasi dan dijadikan standard algoritma enkripsi kunci-simetri. DES adalah nama standard enkripsi simetri yang dahulu memiliki nama algoritma enkripsinya DEA (Data Encryption Algorithm), namun nama DES lebih populer dari pada DEA.

Author Biographies

Arief Anrico Pandiangan, STMIK TRIGUNAA DHARMA

Sistem Informasi

Nurcahyo Budi Nugroho, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Afdal Alhafiz, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

www.penerbit erlangga.com.

D. Adhar, “Implementasi Algoritma Des (Data Encryption Standard) Pada Enkripsi Dan Deskripsi Sms Berbasis Android,†J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 3, no. 2, pp. 53–60, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/185.

E. S. Han and A. goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, “Peranan Kriptografi Sebagai Keamanan Sistem Informasi Pada Usaha Kecil Dan Menengah,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, p. 2, 2019.

Y. Permanasari, “Kriptografi Klasik Monoalphabetic,†vol. 16, no. 1, pp. 7–10, 2017.

A. P. Wahyadyatmika, R. R. Isnanto, and M. Somantri, Implementasi Algoritma Kriptografi RSA pada Surat Elektronik ( E-Mail ), vol. 3, no. 4. 2014.

Downloads

Published

2021-02-26

URN