Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Asikfisia Neonatorum Menggunakan Metode Case Based Reasoning Pada Rsup Haji Adam Malik Medan

Authors

  • Henry Dunand Simbolon STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Mochammad Iswan Perangin-angin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3738

Abstract

Sistem Pakar adalah salah satu bagian dari Kecerdasan Buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukkan oleh banyak pakar ke dalam suatu area pengetahuan tertentu, sehingga setiap orang dapat menggunakannya untuk memecahkan berbagai masalah yang bersifat spesifik, dalam hal ini adalah mendiagnosa penyakit asikfisia pada bayi yang baru lahir.permasalahan yang di temukan dalam penelitian ini adalah banyak terjadi kesalahan dalam penanganan penyakit Asikfisia neonatorum yang sering dilakukan oleh seorang bidan,dan tujuan penelitian ini ialah Untuk merancang sebuah sistem pakar dengan mengaplikasikan metode Case Based Reasoning di dalam melaksanakan diagnosa penyakit Asikfisia.Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL Server.Penelitian ini menggunakan metode library research atau penelitian kepustakaan.Adapun sumber data yang digunakan dalam meneliti adalah data-data primer dan sekunder dari press release, serta data yang diambil langsung dari pakar.Adapun hasil dari penelitian ini yaitu memberikan kemudahan kepada pengguna mengetahui kondisi kesehatan dan cara mengambil suatu tindakan yang tepat dan data yang telah diperoleh agar dapat dirancang dengan tepat agar tidak menimbulkan kesalahan yang fatal mengenai informasi penyakit asikfisia neonatorum.  

Author Biographies

Henry Dunand Simbolon, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Trinanda Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mochammad Iswan Perangin-angin, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

B. A. B. Ii, T. Pustaka, and D. A. N. Landasan, “Bab Ii Tinjauan Pustaka Dan Landasan Teori,†no. 2016, pp. 10–48, 2011.

E. Rahmanita, W. Agustiono, and R. Juliyanti, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Saluran Pencernaan Dengan Perbandingan Metode Forward Chaining Dan Dempster Shafer,†J. Simantec, vol. 7, no. 2, pp. 82–89, 2019, doi: 10.21107/simantec.v7i2.6743.

N. Mukhtar, “Analisa Dan Perancangan Case Based Reasoning Diagnosa Penyakit Gigi Pada Manusia,†Sistemasi, vol. 4, no. 9, pp. 1–11, 2015.

D. & Arhami, Konsep Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi, 2006.

S. Rakasiwi and T. S. Albastomi, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Udang Vannamei Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 647, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1560.

Y. Azmi, “Pengantar Sistem Pakar dan Metode,†in Pengantar Sistem Pakar dan Metode, jakarta: Penerbit Mitra, 2017.

K. Kusrini, Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. 2006.

K. S. Tamba, N. A. Hasibuan, and N. Silalahi, “Sistem Pakar Mendiagnosa Hama dan Penyakit Pada Tanaman Bayam Dengan Metode Naïve Bayes,†Pelita Inform., vol. 17, no. 17, pp. 473–479, 2018, [Online]. Available: https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/pelita/article/view/1088.

F. Hadi, “Implementasi Sistem Pakar Berbasis Aturan Untuk Diagnosa Produktivitas Ternak Ayam Ras Dengan,†Unipersitas Putra Indones. YPTK Padang, vol. 23, no. 2, pp. 1–11, 2016.

A. Susdaryanto and T. Informatika, “Penerapan Logika Fuzzy

Downloads

Published

2021-02-26

URN