Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Pemberian Dana Kredit Usaha Rakyat Klaster Pada Petani Kopi Sidikalang Menggunakan Metode Additive Ratio Assesment

Authors

  • Rosalia Kalara Nainggolan STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3734

Abstract

Kabupaten Dairi khususnya  Kota Sidikalang memiliki jumlah Poktan (kelompok tani) cukup banyak, sehingga timbul permasalahan sulitnya pihak pemerintah dalam menyeleksi Poktan yang berhak menerima kredit usaha rakyat klaster dikarenakan banyaknya proposal yang masuk dan banyaknya kriteria pemilihan, sehingga membutuhkan ketelitian dalam proses pengolahan datanya agar Poktan yang terpilih adalah benar-benar Poktan yang layak menerima bantuan KUR klaster. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas maka dibutuhkan suatu Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems). Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem yang mengevaluasi beberapa pilihan yang berbeda dan membantu Dinas Pertanian Sidikalang memberikan keputusan terhadap penentuan pemberian dana KUR klaster. Penelitian ini menerapkan metode Additive Ratio Assesment (ARAS) yang merupakan salah satu yang dapat menyelesaikan permasalahan multikriteria. Hasil dari penelitian ini yakni memberikan penilaian alternatif yang lebih efektif dan efisien guna mempermudah Dinas Pertanian Kabupaten Dairi dalam menentukan kelayakan pemberian dana KUR klaster.

Author Biographies

Rosalia Kalara Nainggolan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dicky Nofriansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Masyuni Hutasuhut, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Abdul Aziz, "Analisis Skema Alternatif Kredit Program Untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah," Jurnal Ekonomi Indonesia, 2017.

Chandra Lukita, Chairun Nas, and Wanda Ilham, “Analisis Pengambilan Keputusan Penentuan Priorotas Utama Dalam Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran Dengan Metode Perbandingan WASPAS Dan MOORA,†Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 2019.

Eferoni Nduru dan Eviyanti Novi Purba, "Penerapan Metode ARAS Dalam Pemilihan Lokasi Objek Wisata Yang Terbaik Pada Kabupaten Nias Selatan," Jurnal METHOMIKA, 2019.

Ayu Cahyani Febryanti, Irfan Darmawan, and Rachmadita Andreswari, "PEMBOBOTAN KRITERIA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIDANG PEMINATAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS TELKOM) 1," 2017.

Siti Aisyah, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode SAW Pada Perusahaan Leasing,†Jurnal TEKNOVASI, vol. 6, no. 1, 2019.

Liza Handayani, Muhammad Syahrizal, and Kennedi Tampubolon, "Pemilihan Kepling Teladan Menerapkan Metode Rank Order Centroid (Roc) Dan Metode Additive Ratio Assessment (Aras) Di Kecamatan Medan Area," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, Nov. 2019.

Mery Sri Wahyuni et al., "Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bantuan Pada Masyarakat Desa Sawit Rejo Dengan Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process (MFEP)," 2019.

Downloads

Published

2021-02-26

URN