Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Mild Stroke Mennggunakan Teorema Bayes

Authors

  • Tiarma Vivi Novyanti Sihite STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.3732

Abstract

Mild stroke, nama lain dari stroke ringan, meski gejalanya hanya berlangsung singkat, namun bisa menunjukkan bahwa tubuh sedang terancam bahaya. Orang yang terkena stroke ringan diprediksi memiliki harapan hidup yang lebih rendah pada sembilan tahun pertama, dibandingkan mereka yang tidak pernah mengalaminya. Hal tersebut berdasarkan data bahwa sekitar 4 dari 10 orang yang terkena stroke ringan kemudian menderita stroke yang sebenarnya. Membangun sebuah sistem cerdas yang mampu melakukan pendiagnosaan dengan mengakuisisi serta mengumpulkan pengetahuan ahli atau pakar yang kemudian menerapkan Teorema bayes yang nantinya akan menghasilkan nilai probabilitas berdasarkan gejala, Oleh karena itu diperlukan adanya sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit mild stroke tersebut dengan metode Teorema Bayes. Dengan adanya sistem tersebut diharapkan kinerja dan waktu dalam mendiagnosa penyakit mild stroke dengan efektif dan efisien.

Author Biographies

Tiarma Vivi Novyanti Sihite, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nurcahyo Budi Nugroho, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syaifuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

G. R. Semet, M. Kembuan, and W. Kerema, “Gambaran pengetahuan stroke pada penderita dan keluarga,†J. e-Clinic, vol. 4, no. 2, pp. 4–9, 2016.

M. Saefulloh, “Analisis faktor yang berhubungan dengan kejadian stroke di rsud indramayu 1 2,†pp. 65–76.

N. A. Hasibuan, H. Sunandar, S. Alas, and S. Suginam, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kaki Gajah Menggunakan Metode Certainty Factor,†Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 1, p. 29, 2017, doi: 10.30645/jurasik.v2i1.16.

P. S. Ramadhan, “SISTEM PAKAR PENDIAGRamadhan, P. S. (n.d.). SISTEM PAKAR PENDIAGNOSAAN DERMATITIS IMUN MENGGUNAKAN TEOREMA BAYES. 73, 43–48.NOSAAN DERMATITIS IMUN MENGGUNAKAN TEOREMA BAYES,†no. 73, pp. 43–48.

M. Turnip, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT Menggunakan Metode Backward Chaining Mardi,†J. Buana Inform., vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2015.

J. Inkofar, “Perancangan aplikasi sistem pakar dengan menggunakan metode,†vol. 1, no. 1, pp. 12–17, 2017.

W. R. Ferdiansyah, L. Muflikhah, and S. Adinugroho, “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Pada Kambing Menggunakan Metode Naive Bayes dan Certainty Factor,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 451–458, 2018.

Downloads

Published

2019-01-30

URN