Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Tanaman Daucus Carota L Dengan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Melita Warisno Lumban Gaol STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky STMIK Triguna Dharma
  • Rudi Gunawan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i3.3724

Abstract

Bercak daun merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur dan daun akan timbul bercak berwarna coklat.Nematoda Bintil Akar disebabkan oleh mikkroorganisme Nematoda Sista (Heterodera Carotae) sehingga umbi  dan akar menjadi salah bentuk atau tidak normal. Busuk Alternaria disebabkan oleh cendawan Alternaria Dachi Kuhn sehingga bentuk wortel tidak beraturan. Berdasarkan masalah yang terjadi, dengan menggunakan sistem pakar akan dapat membantu dalam mendiagnosa penyakit pada tanaman wortel menggunakan metode Theorema Bayes . Metode Theorema Bayes merupakan metode yang memiliki strategi untuk memprediksi atau mencari solusi dari suatu masalah dari sekumpulan fakta yang sudah diketahui menurunkan fakta baru. Hasil dari penelitian ini merupakan sebuah aplikasi berbasis desktop yang dapat mengimplementasikan metode Theorema Bayes untuk memperoleh hasil yang tepat. Aplikasi ini nantinya akan digunakan oleh  Dinas Pertanian untuk membantu masyarakat dalam mendiagnosa penyakit tanaman wortel.

Author Biographies

Melita Warisno Lumban Gaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Firahmi Rizky, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rudi Gunawan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

O. Fernández, S. Kang, jurusan teknik mesin Laily Noor Ikhsanto, and kue tradisional khas Aceh, “No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle,†vol. 2017, no. 1, pp. 1–9, 2020.

E. M. Pangaribuan, “Sistem Pakar Mendiagnosa Hama Kutu Daun Pada Tanaman Wortel Dengan Metode Certainty Factor,†Maj. Ilm. INTI, pp. 20–25, 2017.

H. T. Sihotang et al., “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster,†J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, 2018.

G. T. Batara, S. Pakar, and F. Chaining, “Sistem pakar untuk mendiagnosa hama dan penyakit pada tanaman wortel,†pp. 1037–1042, 1978.

M. Taher, S. Supramana, and G. Suastika, “Identifikasi Meloidogyne Penyebab Penyakit Umbi Bercabang pada Wortel di Dataran Tinggi Dieng,†J. Fitopatol. Indones., vol. 8, no. 1, pp. 16–21, 2012, doi: 10.14692/jfi.8.1.16.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

URN