Decision Support System Dalam Pemilihan Pupuk Untuk Buah Kelapa Sawit Guna Meningkatkan Produktivitas Menggunakan Metode Multi Objective Optimization On The Basic Of Ratio Analysis (MOORA)

Authors

  • Annisa Annisa STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3723

Abstract

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas tanaman perkebunan unggulan yang terdapat di Indonesia. Faktor penting dalam menjaga dan meningkatkan kualitas dan produksi pada panen buah kelapa sawit aalah pupuk terutama pupuk untuk buah kelapa sawit. Semakin bagus kualitas pupuk kelapa sawit semakin bagus juga hasil panen buah kelapa sait tersebut. Penentuan pupuk buah kelapa sawit yang baik dan tepat terkadang menghadapi beberapa masalah yaitu ketidak sesuaian jenis pupuk dan jumlah kandungan yang tidak sesuai setiap unsur hara pada pupuk. Selain itu akan memakan waktu yang cukup lama karena pemilihan dilakukan secara manual. Maka dari itu dibuatlah suatu sistem pendukung keputusan (decision support system) yang digunakan untuk membantu dalam pemilihan pupuk untuk buah kelapa sawit dengan menerapkan metode Multi-Objective Optimization By Ratio Analysis (MOORA). Hasil akhir dari penelitian ini ialah membuat sebuah aplikasi decision support system (sistem pendukung keputusan) dalam pemilihan pupuk untuk buah kelapa sawit guna meningkatkan produktivitas menggunakan Multi-Objective Optimization By Ratio Analysis (MOORA).

Author Biographies

Annisa Annisa, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zulfian Azmi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yopi Hendro Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. H. Dharmawan, F. T. Nasdian, B. Barus, and R. A. Kinseng, “Kesiapan Petani Kelapa Sawit Swadaya dalam Implementasi ISPO : Persoalan Lingkungan Hidup , Legalitas dan Keberlanjutan,†no. September, 2019, doi: 10.14710/jil.17.2.304-315.

M. Y. Rahma, P. Studi, A. Fakultas, and U. S. Palembang, “The Effect of Doses Organic and Inorganic Fertilizer To Growth and Production,†vol. 0, pp. 1–6, 2018.

A. Widarma and H. Kumala, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pengguna Listrik Subsidi Dan Nonsubsidi Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani (Studi Kasus : PT. PLN Tanjung Balai),†J. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, p. 165, 2019, doi: 10.36294/jurti.v2i2.432.

S. Wardani, I. Parlina, and A. Revi, “ANALISIS PERHITUNGAN METODE MOORA DALAM PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BANGUNAN DI TOKO MEGAH GRACINDO JAYA InfoTekJar ( Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan ),†J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 3, no. 1, pp. 95–99, 2018.

Rizki Amalia Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Personel Yon Zipur I Dhira Dharma Ke Daerah Rawan Konflik Menerapkan Metode MOORA,†J. Ris. Komput., vol. 6, no. 3, pp. 289–295, 2019.

Downloads

Published

2021-02-26

URN