Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kepala Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Dengan Metodes Mart(Simple Multi Attribute Rating Technique)

Authors

  • Ayu Astri Ani STMIK Triguna Dharma
  • Kami Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.3722

Abstract

Salah satu SPBU yang ada adalah SPBU 14.201.103, Sebuah SPBU harus memiliki seorang kepala SPBU yang mengatur serta memimpin kinerja karyawan untuk mengelola dan mengendalikan semua kegiatan dan penjualan minyak di SPBU tersebut. Selama ini, pemilihan kepala SPBU dipilih oleh pemilik secara langsung dan ini memiliki dampak karena faktor kedekatan seperti keluarga, sehingga menimbulkan kecemburuan terhadap karyawan-karyawan yang lain sehingga menyebabkan terjadinya konflik. Ketika dipilih secara langsung tidak tahu bagaimana kompetensinya,kinerjanya sehingga bisa mengakibatkan SPBU mengalami permasalahan seperti kerugian. Jadi, pemilihan yang selama ini dipilih secara langsung atau manual sifatnya subjektif, dan bisa berdampak kurang baik terhadap perusahaan. Karena masalah-masalah seperti itu salah satu solusi adalah dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan.Sistem Pendukung Keputusan merupakan sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data. Sistem itu digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana seorang pun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat .Salah satu metode dalam Sistem Pendukung Keputusan adalah metode (Simple Multi Attribut Rating Technique) SMARTdengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan.Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu Pemerintahan Daerah Kecamatan Medan Tuntungan dapat menentukan prioritas dalam pembangunan jalan berdasarkan kriteria yang digunakan

Author Biographies

Ayu Astri Ani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Kami Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Firahmi Rizky, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

P. Metode et al., “PENERAPAN METODE RATING FACTOR DAN HEURISTIC,†2013.

A. S. Honggowibowo, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Calon Teknologi Adisutjipto Menggunakan Simple Multi Attribute Rating Technique,†J. angkasa, vol. VII, pp. 31–38, 2015.

U. P. Indonesia, K. K. Spk, and K. J. Karyawan, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Karyawan dengan Metode SMART pada PT . Invilon Sagita Medan Yonata L Abstrack - Sistem penilaian kenaikan jabatan karyawan pada PT . Invilon Sagita Medan masih menggunakan sistem konvensional . Sehin,†vol. 1, no. 2, pp. 53–64, 2018.

S. Penunjang, K. Untuk, P. Konsentrasi, F. Teknik, K. Menggunakan, and M. Smart, “Jurnal Ilmiah d ’ ComPutarE Vo lume 5 Januari 2015 Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem pendukung keputusan menggunakan metode Smart yang dapat digunakan untuk pemilihan konsentrasi jurusan pada Fakultas Teknik Komputer UNCP . ,†pp. 40–52, 2015.

N. Sesnika, D. Andreswari, and R. Efendi, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Gedung

Serba Guna Di Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Metode Smart Berbasis Android,†J. Rekursif,

vol. 4, no. 1, pp. 30–44, 2016.

Downloads

Published

2019-03-02

URN