Penerapan Algoritma Multi RNG (Random Number Generator) Pada Try Out Online Dalam Mengasah Kemampuan Dasar Pelajar Pada SMK Negeri 1 Kutalimbaru

Authors

  • Ridho Alfandi STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.372

Abstract

Dalam sektor pendidikan, baik itu jenjang SD, SMP, SMA, maupun SMK untuk menempuh kejenjang pendidikan selanjutnya, pemerintah menerapkan kesetiap sekolah untuk melakukan sistem pengujian hasil belajar peserta didik dengan Ujian Nasional. Terkait dalam hal ini, SMK Negeri 1 Kutalimbaru dengan jumlah 1.221 siswa bukan saja membutuhkan SDM yang kompeten dalam mengajar, namun membutuhkan aplikasi pendukung yang mampu mendorong proses belajar mengajar. Masalah ini timbul dengan terlihatnya nilai-nilai Ijazah siswa-siswi yang rendah pada beberapa tahun terakhir. Permasalahan ini diperkuat juga dengan adanya budaya saling menyontek yang dilakukan para siswa, serta sistem ujian yang masih dijalankan secara konvensional. Try Out merupakan suatu mekanisme latihan uji coba siswa untuk mengetahui dan mengevaluasi kemampuan belajar siswa dalam menjawab soal-soal Ujian Nasional sebelumnya. Maka diharapkan aplikasi Try Out Online mampu meminimalisir permasalahan di SMK Negeri 1 Kutalimbaru dalam mengasah dan memberi kebiasaan siswa dalam menyelesaikan soal-soal ujian sebelum menghadapi ujian yang sesungguhnya, dengan menerapkan Metode Multi RNG. Hasil dari penerapan Metode Multi RNG pada pengacakan soalnya, sulit untuk ditemukan soal yang sama agar hasil ujian diharapkan benar-benar dari pemikiran siswa itu sendiri dan mengasah kemampuan dasar berpikir siswa.

References

C. S. Triwiniastuti and W. Sabatini, “Implementasi Program Ujian Nasional Di SMA Negeri,†Kelola Jurnal Manajemen Pendidik, Vol. 6, No. 1, Januari-Juni 2019, pp. 54–63.

K. Wijaya and S. Hesinto, “Aplikasi Soal Try Out Ujian Nasional SMK Negeri 1 Semende Darat Laut Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD),†Betrik, Vol. 10, No. 01, April 2019, pp. 22–27.

F. D. Silalahi and F. Murtadho, “Sistem Informasi Try Out Mandiri UNBK Berbasis Web Menggunakan Metode Linear Congruent Pada Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs Negeri 2 Demak,†Jurnal TIK, Vol. 10, No. 2, September 2019, pp. 29–38.

I. Nursiddiq Rifai, S. Sinurat, and A. H Sihite, “ Perancangan Aplikasi Pengacakan Soal Ujian Semester Menggunakan Metode Multiplicative Pada SMA Swasta Gajah Mada,†Pelita Informatika, Vol. 18, No. 1, Januari 2019, pp. 31–36.

F. Rizani, “Sistem Keamanan Website Menggunakan SMS Dengan Metode Multiplicative RNG,†Vol. 11, No. 1, Maret 2019, pp. 39–42.

Downloads

Published

2022-07-27

URN