Pemilihan Editor Berita Terbaik Menggunakan Metode Complex Proportional Assessment (COPRAS)

Authors

  • Ramadhan Yandra Lubis STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syahril STMIK Triguna Dharma
  • Sobirin Sobirin STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i4.3716

Abstract

PT. Sentral Media merupakan sebuah perusahaan penyelenggara jasa media online atau berita online, Situs berita tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya seorang editor berita Editor Berita adalah orang yang bertanggung jawab penuh terhadap situs berita yang disajikan ke pembaca, Editor Berita bertugas menulis atau mengedit berita  serta menyajikan berita pada setiap halaman media dengan spesifikasi penguasaan isu tertentu dan menggunggah berita pada medianya, Agar kualitas para editor berita terjaga dan meningkat, perusahaan perlu melakukan suatu penilaian kinerja editor berupa pemilihan editor terbaik dan tentunya akan ada sebuah reward atau hadiah atas keberhasilan yang dicapai. Namun, PT Sentral Media saat ini masih memiliki kendala belum adanya pemilihan editor berita terbaik. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem pendukung keputusan. Sebuah sistem yang dapat melakukan proses perhitungan komputasi untuk menentukan editor berita terbaik menggunakan metode COPRAS(Complex Proportional Assessment) berdasarkan kriteria-kriteria penilaian yang ada sebagai pendekatan pemecahan masalah. Hasil dari penelitian ini agar dapat membantu pengambilan keputusan perusahaan terkait untuk lebih mudah dalam melakukan pemilihan editor berita terbaik. Dari masalah-masalah yang ada, maka judul yang ditetapkan adalah “Decision Support System Menentukan Editor Berita Terbaik Pada PT.Sentral Media Menggunakan Metode COPRAS (Complex Proportional Assessment)â€.

Author Biographies

Ramadhan Yandra Lubis, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syahril, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sobirin Sobirin, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

References

REFERENSI

K. Bidang, “Peran Editor dan Reporter dalam Pengelolaan Media Online wehype . id bersama Impala Space,†2018.

I. H. Firdaus et al., “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KARYAWAN TERBAIK,†vol. 2016, no. Sentika, pp. 18–19, 2016.

G. Ginting, S. Alvita, Mesran, A. Karim, M. Syahrizal, and N. K. Daulay, “Penerapan Complex Proportional Assessment ( COPRAS ) Dalam Penentuan Kepolisian Sektor Terbaik,†J. Sains Komput. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 616–631, 2020.

O. Veza and N. Y. Arifin, “Sistem Pendukung Keputusan Calon Mahasiswa Non Aktif Dengan Metode Simple Additive Weighting,†J. Ind. Kreat., vol. 3, no. 02, pp. 71–78, 2020.

M. F. Ridhwan, I. L. Sardi, and S. Y. Puspitasari, “Rekomendasi Pemilihan Tempat Usaha Makanan dengan Metode COPRAS di Kecamatan Jambangan,†vol. 6, no. 2, pp. 9491–9503, 2019.

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles

URN