Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kepuasan Pengunjung Di Wisata Istana Maimun Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Servqual

Authors

  • Ridho Reynaldy STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Puji Sari Ramadhan STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Azzanudin Azzanudin STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.3705

Abstract

Istana Maimun adalah salah satu warisan budaya nenek moyang (life monument) yang berlokasih di kelurahan Aur, kecamatan Medan Baru Kotamadya Medan, kira-kira 3 km Bandara Polonia dan 28 km dari pelabuhan Belawan. Istana Maimun termasuk wisata yang memiliki banyak pengunjung, namun tidak banyak juga pengunjung yang merasa adanya pelayanan atau tingkat kepuasan pengunjung yang merasakan kurang puas terhadap wisata di Istana Maimun.Berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan, untuk mencari tingkat kepuasan pengunjung terhadap objek wisata istana maimun agar lebih efektif, objektif dan efisien dapat dilakukan dengan sistem pendukung keputusan dengan Artificial Intellegence. Dalam kasus ini dapat digunakannya metode Fuzzy Servqual yaitu untuk melakukan keputusan dalam melakukan tingkat pelayanan terhadap konsumen.Dengan adanya penelitian ini berdasarkan penerapan metode Fuzzy Servquel untuk menilai tingkat kepuasan pengunjung di Istana Maimun dengan hasil peringkat penilaian pelayanan dengan 5 teratas kondisi pelayanan yang harus diperbaiki.  

Author Biographies

Ridho Reynaldy, STMIK TRIGUNA DHARMA

SISTEM INFORMASI (SI)

Puji Sari Ramadhan, STMIK TRIGUNA DHARMA

SISTEM INFORMASI (SI)

Azzanudin Azzanudin, STMIK TRIGUNA DHARMA

SISTEM INFORMASI (SI)

References

G. P. Sanyoto, R. I. Handayani, and E. Widanengsih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Untuk Kebutuhan Operasional Dengan Metode Ahp ( Studi Kasus :,†J. Pilar Nusa Mandiri Vol.13, No. 2., vol. 13, no. 2, pp. 167–174, 2017.

E. Sutinah and O. R. Simamora, “Metode Fuzzy Servqual Dalam Mengukur Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Layanan BPJS Kesehatan,†J. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 90–101, 2018, doi: 10.31311/ji.v5i1.2944.

A. S. Noer hikmah, “Analisa Tingkat kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pendaftaran Online BPJS Kesehatan,†Semin. Nas. Teknol., no. November 2016, 2016.

T. Limbong, Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi, Cetakan I. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Diana, Metode & Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Cetakan 1. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Downloads

Published

2019-08-30

URN