Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Pada CU Solidaritas Karyawan Di Rs. Elisabeth Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Authors

  • Sartika Aritonang STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.3703

Abstract

CU Solidaritas merupakan Credit Union yang dinaungi oleh karyawan yang bekerja pada rumah sakit Santa Elisabeth. CU solidaritas memberikan pinjaman tetap berdasarkan pada prinsip kehati-hatian untuk menghindari resiko pinjaman bermasalah dan pinjaman macet. CU Solidaritas juga langsung melakukan survei karyawan yang melakukan pinjaman. Karyawan RS. Elisabeth tidak hanya menggunakan dana yang diberikan oleh CU Solidaritas untuk kepentingan pribadi saja tetapi ada yang menggunakannya untuk kepentingan tambahan modal usahanya. Salah satu teknik pengambilan keputusan yang digunakan dalam analisis kebijaksanaan untuk pemberian pinjaman kredit kepada Karyawan RS. Elisabeth adalah Metode Fuzzy Tsukamoto. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi sistem pendukung kuputusan yang mampu menentukan kelayakan pengajuan pinjaman modal usaha dengan menerapkan metode Fuzzy Tsukamoto sehingga dapat menghasilkan laporan yang berisi kelayakan pengajuan pinjaman modal usaha..

Author Biographies

Sartika Aritonang, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Masyuni Hutasuhut, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

H. Situmorang, B. Damanik, S. Sibagariang, I. H. G Manurung, and U. Sari Mutiara Jl Kapten Muslin No, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode Topsis Pada Perusahaan Leasing Cs Finance,†vol. 4, no. 2, pp. 2502–714, 2019.

Novri, “Novri Hadinata,†Implementasi Metod. Multi Attrib. Theory(MAUT) Pada Sist. Pendukung Keputusan dalam Menentukan Penerima Kredit, vol. 07, no. September, pp. 87–92, 2018.

V. Amalia, D. Syamsuar, and L. Atika, “Komparasi Metode Wp Saw Dan Waspas Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Pmdk,†J. Bina Komput., vol. 1, no. 2, pp. 122–132, 2019, doi: 10.33557/binakomputer.v1i2.452.

E. Situmorang and F. Rindari, “Decision Support System For Selection Of The Best Doctors In Sari Mutiara Hospital Using Fuzzy Tsukamoto Method,†J. Tek. Inform. C.I.T, vol. 11, no. 2, pp. 45–50, 2019, [Online]. Available: www.medikom.iocspublisher.org/index.php/JTI.

D. Nofriansyah and S. Devit, Multi Criteria Decision Making Pada Sistem Pendukung Keputusan. Cv.budi utama, 2017.

Downloads

Published

2019-03-02

URN