Implementasi Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Yang Disebabkan Oleh Nyamuk Aedes Albopictus Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Wilda Akmalia STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Moch Iswan Perangin-angin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.3693

Abstract

Dalam bidang kedokteran ada banyak teknologi yang dibuat untuk membantu tenaga kedokteran yaitu dalam upaya mendiagnosa suatu penyakit. Nyamuk Aedes Albopictus banyak menyebar di seluruh dunia mulai dari daerah kutub sampai ke daerah tropis Nyamuk Aedes Albopictus sebagai pembawa virus dengue memiliki waktu untuk bertahan hidup yang lama sebagai penyebab demam berdarah dengue dan juga chikungunya. Penyakit tersebut dapat membahayakan seseorang apabila penanganannya tidak cepat, diantaranya dapat menyebabkan kematian. Dengan alasan itulah maka diangkat penelitian dengan judul “Implementasi Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Yang Disebabkan Oleh Nyamuk Aedes Albopictus Menggunakan Metode Dempster Shaferâ€. Penelitian tersebut bertujuan untuk menciptakan suatu sistem berbasis komputerisasi, kemudian dengan diterapkannya sistem tersebut maka hasil yang didapatkan akan benar-benar akurat dan cepat kemudian dapat membantu Rumah Sakit.Dapat dikatakan bahwa dengan pengujian sistem berdasarkan gejala-gejala yang dialami pasien akan memberikan jawaban pasti penyakit mana yang menyerang pasien tersebut berdasarkan nilai akhir yang didapat. Hal ini karena penerapan metode yang di masukkan ke dalam coding program sehingga sistem ini dapat membantu Rumah Sakit.

Author Biographies

Wilda Akmalia, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yopi Hendro Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Moch Iswan Perangin-angin, STMIK Triguna Dharma

Management Informatika

References

S. Wulandari, “Analisis Keberadaan Nyamuk Aedes aegypti Linnaeus dan Aedes albopictus Skuse di berbagai Tempat Umum Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa,†Celeb. Biodiversitas, vol. 3, no. 1, pp. 27–34, 2019.

D. A. Widyastuti, P. Rahayu, and L. R. Dewi, “POTENSI EKSTRAK SIRSAK (Annona muricata) SEBAGAI LARVASIDA PENGENDALI POPULASI Aedes albopictus,†Bioeksperimen J. Penelit. Biol., vol. 5, no. 1, pp. 48–54, 2019, doi: 10.23917/bioeksperimen.v5i1.7991.

Y. Sugiyanto, M. Muslihudin, and F. Satria, “Sistem Pakar Diagnosis Kualitas Bibit Kambing PE ( Peranakan Ettawah ) Menggunakan Image Prossesing Berbasis Website,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2018 Univ. AMIKOM Yogyakarta, vol. 6, no. 2014, pp. 2.9-6, 2018

K. N. Sistem, A. Purwanto, S. Pakar, and D. Shafer, “Analisa Dan Perancangan Sistem Pakar Kerusakan Pada Aset UKM STIKOM Bali Menggunakan Metode Dempster,†Konf. Nas. Sist. Inform., pp. 977–981, 2015.

A. H. Nasyuha, M. I. Perangin Angin, and M. M. Marsono, “Implementasi Dempster Shafer Dalam Diagnosa Penyakit Impetigo Pada Balita,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 3, p. 700, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.1901.

Downloads

Published

2022-07-14

URN