Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Rekomendasi Mobil Terhadap Kebutuhan Customer Pada Showroom Wuling Menggunakan Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio (Moora)

Authors

  • Rabtiase Barutu STMIK Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky STMIK Triguna Dharma
  • Hafizah Hafizah STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.3685

Abstract

Showroom Wuling merupakan salah satu showroom mobil yang berada di Kota Medan. Showroom Wuling juga sudah mempunyai cukup banyak pelanggan yang sering mencari mobil idamannya. Namun permasalahan muncul saat pelanggan kesulitan dalam memilih mobil yang sesuai dengan budget dan kebutuhannya akibat banyaknya pilihan mobil yang ada. Bahkan terkadang pelanggan harus membatalkan pembelian mobil akibat hal ini. Tentunya ini membuat kerugian yang cukup berarti bagi Showroom Wuling.Untuk menyelesaikan permasalahan diatas maka dibutuhkan suatu Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems). Sistem pendukung keputusan merupakan suatu sistem yang mengevaluasi beberapa pilihan yang berbeda dan membantu perusahaan Showroom Wuling dalam memberikan keputusan terhadap masalah pemilihan rekomendasi mobil yang sesuai dengan kebutuhan customer.Hasil yang diperoleh dari sistem pendukung keputusan ini yaitu berupa laporan hasil keputusan yang dapat membantu customer Showroom Wuling dalam menentukan rekomendasi mobil yang sesuai. Sehingga dengan adanya sistem pendukung keputusan ini dapat mendukung/memperkuat keputusan yang akan diambil oleh customer Showroom Wuling.Kata Kunci : Sistem  Pendukung  Keputusan, MOORA, Rekomendasi Mobil

Author Biographies

Rabtiase Barutu, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Firahmi Rizky, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hafizah Hafizah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

I. Setiadi, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MOBIL BEKAS DENGAN METODE AHP DAN SAW PADA NAVA SUKSES MOTOR,†2019.

Tuti Andriani, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Metode Electre (STUDI KASUS : SWALAYAN MAJU BERSAMA), vol. 1, no. 2, 2019.

S. Wardani et al., “ANALISIS PERHITUNGAN METODE MOORA DALAM PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BANGUNAN DI TOKO MEGAH GRACINDO JAYA.â€

N. Anhari, Z. Arifin, S. Maharani, L. Robotics, and U. Mulawarman, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL BARU DENGAN Program Studi Ilmu Komputer , Fakultas MIPA , Universitas Mulawarman,†vol. 1, no. 1, 2016.

Petra Nugra Sukaria, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mobil Bekas", Universitas Sanata Dharma, vol. 1, no. 2, 2017.

Downloads

Published

2020-07-30

Issue

Section

Articles

URN