Implementasi Jaringan Saraf Tiruan Memprediksi Tingkat Kebutuhan Gizi Balita Menggunakan Algoritma Backpropagation

Authors

  • Alvisa Amara Lentari STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Jaka Prayudha STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Fifin Sonata STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i8.3678

Abstract

Fase bayi atau balita merupakan dimana fase masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Apabila pada fase tersebut mengalami gangguan gizi maka akan bersifat permanen sampai fase selanjutnya, walaupun kebutuhan gizi pada masa selanjutnya terpenuhi, Gizi terbagi dua yaitu gizi baik dan gizi buruk. Pada masa pandemi seperti ini kadang asupan gizi berkurang karena faktor ekonomi, maka gizi balita itu sangat penting di masa pertumbuhannya dan perkembangan balita.diperlukan algoritma backpropagation untuk membuat jaringan syaraf tiruan yang berfungsi untuk mengetahui kebutuhan gizi anak usia dini yang dapat dimanfaatkan oleh setiap orang terutama orang tua balita. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudahkan orang tua dalam memahami gizi balita dan memberikan asupan gizi pada balita. Untuk itu diperlukan suatu cara klarifikasi gizi balita berdasarkan indikator antropometri berat badan / umur dan berat badan / panjang badaPenelitian jaringan saraf tiruan yang diaplikasikan pada gizi balita ini bertujuan untuk mendapatkan arsitektur yang optimal. Sistem yang akan dibuat ini bertujuan untuk mempermudah orang tua dalam mengetahui gizi balita serta pemberian gizi terhadap balita. Penelitian ini menjelaskan tentang akurat metode backpropagation dalam memprediksi gizi balita tersebut.

Author Biographies

Alvisa Amara Lentari, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Jaka Prayudha, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Komputer dan Sistem Informasi

Fifin Sonata, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

References

M. N. Sutoyo, “Rancang Bangun Aplikasi Untuk Memprediksi Status Gizi Balita,†Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, p. 136, 2018, doi: 10.20527/klik.v5i2.140.

D. A. Simbolon, D. Hartama, and F. Anggraini, “Penerapan Jaringan Saraf Tiruan Dalam Memprediksi Gizi Balita Pada Puskesmas Siantar Utara Kota Pematangsiantar,†BRAHMANA J. Penerapan Kecerdasan Buatan, vol. 1, no. 1, pp. 48–54, 2019, doi: 10.30645/brahmana.v1i1.7.

E. S. Han and A. goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, “済無No Title No Title,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

M. Dulasrip, “Penggunaan jaringan saraf tiruan untuk mendeteksi status gizi balita dengan metode backpropagation skripsi,†2015.

R. S. Suhartanto, C. Dewi, and L. Muflikhah, “Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation untuk Mendiagnosis Penyakit Kulit pada Anak,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 7, pp. 555–562, 2017.

Downloads

Published

2018-11-27

URN