Pengawasan Dan Penyiraman Pada Budidaya Cacing Tanah (Lumbricus Rubellus) Menggunakan Teknik Simplex Berbasis Internet Of Things (IOT)

Authors

  • Surya Andika STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i8.3677

Abstract

Cacing tanah (Lumbricus Rubellus) tergolong binatang yang sering ditemukan, dan tergolong binatang invertebrata atau tidak mempunyai tulang belakang. Cacing tanah termasuk kelas oligochaeta yang habitatnya terdapat di air tawar atau di daratan (tanah). bersifat saprofit dengan memakan zat organik dan organisme yang telah mati., dimana famili terpenting dari kelas tersebut adalah Lumbricidae dan Megascilicidae Cacing tanah punya potensi yang menakjubkan bagi kehidupan dan kesejahteraan masyarakat jika mereka mengetahui peranannya. Tapi masih banyak masyarakat yang masih kesusahan dalam membudidayakanya dikarenakan harus melihat dan mengukur kelembaban tanah secara langsung membuat pembudidaya susah untuk mengontrol kelembaban tanah. Dengan adanya permasalahan tersebut tentang pentingnya mengatur kelembaban tanah menggunakan sensor soil moisture dan sensor pH tanah yang tepat, maka perlu dirancang sebuah sistem yang dapat menyiram dengan pompa  dan mentoring tempat budidaya cacing tanah lumbricus rubellus. kemudian untuk pemantauan dari jarak jauh dapat dilakukan menggunakan Internet of Things (IoT). Sehingga teknologi ini cocok untuk diterapkan dalam bidang budidaya seperti budidaya cacing tanah, karena dapat membantu pembudidaya memonitor kelembaban dan keasaman tanah sebagai media hidup dari cacing tersebut. Maka dari itu akan mendapatkan hasil kelembaban dan ph terjaga dan mengurangi tenaga para pembudidaya untuk memantau dan menjaga kelembaban dari jarak jauh tanpa harus memantau secara langsung.

Author Biographies

Surya Andika, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Jaka Prayudha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Ita Mariami, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

L. Applications et al., “ISSN 1978 – 3000 Kualitas Eksmecat dari Beberapa Spesies Cacing Tanah pada Tingkat Penyiraman dan Pengapuran yang Berbeda,†vol. 3, no. 1, pp. 43–48, 2008.

P. Studi, J. Telekomunikasi, T. Elektro, and P. N. Malang, “RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL KELEMBAPAN MEDIA PADA,†pp. 470–474, 2019.

I. D. Ardiansyah, A. Setiyadi, S. Kom, and M. Kom, “MEDIA TERNAK BUDIDAYA CACING TANAH BERBASIS INTERNET OF THINGS ( IOT ) Teknik Informatika – Universitas Komputer Indonesia.â€

S. Yuniarti and L. Sedyowati, “Budidaya Cacing Lumbricus Rubellus dengan Media Limbah Jamur sebagai Bahan Dasar Kosmetik dan Obat- Obatan,†vol. 5, no. 2, pp. 93–104, 2020.

A. Sinaga, U. N. Padang, J. Prof, and H. Air, “Rancangan Alat Penyiram Dan Pemupukan

Tanaman Otomatis Menggunakan RTC Dan Soil Moisture Sensor Berbasis Arduino,†vol. 1, no. 2, pp. 150–157, 2020.

Z. P. Pertiwi, “PROTOTYPE PENYIRAM TANAMAN HIAS DENGAN SOIL,†vol. 10, no. 1, pp. 7–11, 2018.

A. U. Kelembaban, N. Z. W, and M. Taufiqurrohman, “FERTILI TY PADA BUDIDAYA BUAH NAGA,†pp. 73–78.

Downloads

Published

2018-11-27

URN