Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Pada Lahte Di CV.Sun Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Joko Iman Gustiawan STMIK Triguna Dharma
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma
  • Saniman Saniman STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i8.3668

Abstract

Mesin Bubut (Lathe) merupakan suatu mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar.Mesin bubut ini sering sekali mengalami kerusakan, oleh karena itu dibutuhkan seorang teknisi mesin bubut yang sudah ahli di bidang itu. Tetapi harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk memanggil seorang teknisi tersebut.Maka dari itu dibutuhkan sebuah sistem aplikasi yang mampu melakukan diagnosa dan memberikan informasi dengan mudah mengenai kerusakan pada mesin bubut. Sistem pakar merupakan sistem berbasis komputer yang di bangun berdasarkan keahliaan dan keilmuan seorang pakar dalam menyelesaikan suatu masalah. Dan dengan menggunakan salah satu metode yaitu certainty factor untuk membuktikan suatu fakta pasti atau tidak pasti dengan mengansumsikan derajat keyakinan kedalam sebuah nilai.Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem pakar berbasis web dengan  menggunakan metode  certainty factor yang dapat mendiagnosa dan memberikan solusi terhadap mesin bubut yang dapat membantu para pekerja dalam melakukan diagnosa dengan cepat dan efektif sehingga dapat melakukan penanganan sedini mungkin dan dapat membantu para pekerja dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil.

Author Biographies

Joko Iman Gustiawan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendryan Winata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Saniman Saniman, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

Irpan, M. Syahrizal, and I. Saputra, “Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Kerusakan Mesin Bubut Menggunakan Metode Hybrid Case Based,†Pelita Inform. Budi Darma, vol. 17, no. April, pp. 218–221, 2018.

F. D. Wahyudi, P. Harsadi, and D. Remawati, “Implementasi Metode K-Nn untuk Deteksi Kerusakan Mesin Bubut,†J. TIKomSiN, vol. 6, no. 2, pp. 7–13, 2018.

P. Studi, T. Perawatan, P. Manufaktur, and N. Bangka, “REKONDISI MESIN BUBUT DoALL LT 13 BU01 DI LABORATORIUM MEKANIK POLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI,†vol. 9, no. 1, pp. 24–32.

H. P. Atmantawarna, “Perbaikan Mesin Bubut dan Uji untuk kerja degan bahan besi Pejal,†2013.

M. A. Irfandi, A. Romadhony, and S. Saadah, “Implementasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Dan Mulut Menggunakan Metode Hybrid Case-Based Dan Rule-Based Reasoning,†no. January, 2015, doi: 10.21108/indosc.2015.19.

Downloads

Published

2018-11-27

URN