Perancangan Aplikasi Scan Wajah Menggunakan Algoritma Eigenface Sebagai Alat Bantu Pengawas Ujian Agen Asuransi Pada PT. Adisarana Wanaartha Life Cabang The District Medan

Authors

  • Yeni Riani Noviana Gulo STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Dr. Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i8.3667

Abstract

Dalam mengenali wajah, manusia memiliki kemampuan yang luar biasa. Manusia mampu mengenali sampai ribuan wajah dan bisa mengingat dan mengenalinya walaupun setelah bertahun - tahun. Kemampuan dalam mengenali wajah yang dimplementasikan pada suatu alat atau sistem akan memberikan banyak manfaat pada kehidupan saat ini. Berbagai aplikasi dari alat dengan kemampuan seperti ini terbentang luas dari pencarian penjahat, kriminalitas, sistem akses keruangan, sampai interaksi manusia dengan komputer. Dalam tugas akhir ini akan dilaksanakan perancangan aplikasi scan wajah manusia dengan identifikasi wajah manusia sebagai media pengenalnya atau yang lebih dikenal sebagai face recogniton. Pengenalan wajah akan menggunakan kamera untuk menangkap wajah seseorang kemudian dibandingkan dengan wajah yang sebelumnya telah disimpan di dalam database tertentu. Secara garis besar proses dari pengenalan wajah ini adalah kamera webcam melakukan capture wajah. Kemudian didapatkan sebuah nilai R,G,B. Dengan menggunakan pemrosesan awal, dilakukan crop, konversi RGB ke Grayscale. Setelah dilakukan proses Grayscale, dilakukan tahap pengolahan wajah dengan menggunakan metode eigenface. Didalam metode eigenface ini terdapat beberapa tahapan inti yaitu: mengubah wajah menjadi matriks, menghitung rataan FlatVector, menentukan nilai eigenface dan melakukan proses identifikasi wajah dengan mencari nilai eigenface yang mendekati. Pengenalan wajah ini nantinya dapat dikembangkan untuk menjadi aplikasi absensi yang dapat diterapkan diperusahaan untuk mencegah manipulasi.

Author Biographies

Yeni Riani Noviana Gulo, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dr. Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

W. Dwiparaswati, S. Kom, and S. V. Hilmawan, “Implementasi Face Recognition secara Real-time dengan Metode Haar Cascade Classifier menggunakan OpenCV-Python,†2017.

E. Yanuarti and R. B. Isnanto, “Jurnal sisfokom,†SISFOKOM, vol. 05, no. 0717, pp. 1–65, 2016.

I. N. Dedi Ary Prasetya, “Deteksi wajah metode viola jones pada opencv menggunakan pemrograman python,†Simp. Nas. RAPI XI FT UMS, pp. 18–23, 2012.

H. Kurniawan et al., “APLIKASI PENJAWAB PESAN SINGKAT AUTOMATIS DENGAN BAHASA PYTHON,†2011.

H. Muchtar and R. Apriadi, “Implementasi Pengenalan Wajah Pada Sistem Penguncian Rumah Dengan Metode Template Matching Menggunakan Open Source Computer Vision Library (Opencv),†Resist. (elektRonika kEndali Telekomun. tenaga List. kOmputeR), vol. 2, no. 1, p. 39, 2019, doi: 10.24853/resistor.2.1.39-42.

Downloads

Published

2018-11-27

URN