Implementasi Internet of Things (IoT) Pada Alat Pendeteksi Kecepatan Angin Menggunakan Teknik Simplex Berbasis NodeMCU

Authors

  • Rio Putra Barus STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.3656

Abstract

Angin adalah gerakkan udara relatif terhadap permukaan bumi. Hembusan angin kencang yang juga bisa terjadi di jalan tol masih belum dapat diatasi dengan baik oleh pengelola pengoperasian jalan tol. Selama ini hanya dipasang rambu-rambu pada spot-spot yang biasa terjadi angin kencang di jalan tol. Hal ini tentu kurang efektif karena tidak dapat memberikan peringatan yang baik bagi pengendara mengenai kecepatan angin yang sedang terjadi di jalan tol. Dengan adanya kemungkinan terjadinya bencana yang disebabkan oleh kecepatan angin pada jalan tol yang sangat kencang, maka diperlukan sebuah sistem pengukur kecepatan angin dengan sensor anemometer yang diletakkan pada jalan tol untuk dapat dimonitoring dan memberikan peringatan secara langsung. Dengan memanfaatkan Nodemcu dan Internet Of things (IoT) yang merupakan suatu konsep dimana konektifitas internet dapat bertukar informasi satu sama lainnya dengan benda-benda yang ada disekelilingnya. Sistem yang dibuat dapat memonitoring kecepatan angin pada jalan tol secara real time menggunakan aplikas blynk dari smartphone. Sehingga sistem dapat digunakan untuk memonitoring kecepatan angin pada jalan tol dari smartphone dan menjadi peringatan dini akan adanya bahaya kecepatan angin yang berbahaya kepada pengguna jalan tol.

Author Biographies

Rio Putra Barus, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Sumaryoto. DAMPAK KEBERADAAN JALAN TOL TERHADAP KONDISI FISIK, SOSIAL, DAN EKONOMI LINGKUNGANNYA. Journal of Rural and Development Volume I No. 2 Agustus

Oktavian Dkk. Rancang Bangun Alat Monitoring Kecepatan Angin Dengan Koneksi Wireless Menggunakan Arduino Uno. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer vol.5 no.4 Juli-September 2016.

Sangkertadi. PERA N KECEPATAN ANGIN TERHADA P PENINGKATA N KENYA MA NA N TERMIS MANUSIA DI LINGKTJNGAN BERIKLIM TROPIS LEMBAB. Jurrnal MANUSIA DAN LINGKUNGAN, Vol. I 3, No.2. Juli 2006.

Sudarto. PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN ENERGI ANGIN UNTUK PROSES PRODUKSI GARAM DI KAWASAN TIMUR INDONESIA. Jurrnal TRITON Vol.7, No.2.

Yudiawan & Sulistiya. PENGUKURAN KECEPATAN ANGIN DI DALAM DAN SEKITAR MODEL STASIUN MENGGUNAKAN CONSTANT TEMPERATURE ANEMOMETER. Jurnal BBTA3-BPPT. 2018.

Downloads

Published

2018-12-27

URN