Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Peracik Kopi Terbaik di Uleekareng dengan Metode WASPAS (Weighted Aggregated Sum Product Assesment )

Authors

  • Nurtry Rizki STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.3650

Abstract

Di dalam dunia bisnis kedai kopi, peracik kopi merupakan salah satu yang sangat penting di kedai kopi. Peracik kopi memiliki tanggung jawab besar di industri kopi karena peracik kopi yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Pemilihan peracik kopi secara manual biasanya memakan waktu yang lama dan kurang efektif sehingga memerlukan sistem yang optimal agar memberikan hasil yang terbaik. Sistem Pendukung Keputusan dan Metode Weigth Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) dalam menghasilkan peracik kopi terbaik di penelitian ini sangat tepat  yang mana metode ini pemilihan nilai tertinggi dan ni;ai terendah untuk di hitung dengan nilai alternatif dan di hitung kembali dengan nilai kriteria sehingga hasil yang di dapat dapat dijadikan acuan dalam perangkingan. Hasil dari penelitian ini dapat dipresisi secara tepat, sehingga dengan sistem pendukung keputusan ini ternyata berhasil membantu Uleekareng dalam mengambil keputusan dengan sistematis dan dalam waktu yang singkat.

Author Biographies

Nurtry Rizki, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dicky Nofriansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Calam, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

(Studi Kasus: Mo Coffee),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 256–262, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.935.

sufri yono Hutagalung, F. Pratiwi, and I. Wijaya, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) Dalam Keputusan Penerimaan Beasiswa,†Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 79–84, 2018.

[6] R. E. Marbun, T. Hidayati, and ..., “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†… Nas. Sains dan …, pp. 238–244, 2018, [Online]. Available: https://www.prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/article/view/34.

E. D. Marbun, E. R. Simanjuntak, D. Siregar, and J. Afriany, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun,†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 24–28, 2018.

T. Haryanti, L. Kurniawati, and S. Riyadi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Rumah Tangga Miskin Pada Desa Cibangkong Dengan Metode Waspas,†J. Ris. Inform., vol. 1, no. 4, pp. 197–204, 2019, doi: 10.34288/jri.v1i4.103.

Downloads

Published

2019-08-30

URN