Sistem Pendukung Keputusan Untuk Studi Kelayakan Pensiunan Dini Karyawan PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • Yelfi Winda Sari STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Ishak i
  • Fifin Sonata STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.365

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa dan merancang suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu pengambilan keputusan terhadap masalah dalam menentukan studi kelayakan pensiun dini pada perusahaan PT. Perkebunan Nusantara III (pesrsero). Permasalahan yang di hadapi adalah untuk memberikan keputusan pada pegawai yang hendak pensiun dini .Oleh sebab itu sistem keputusan hadir untuk memberikan solusi.Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam pengambilan keputusan untuk menentukan Studi kelayakan Pensiunan Dini Karyawan Pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero)Metodelogi yang digunakan adalah menggunakan metode WASPAS (Weighted Aggregated Sum Product Asesment ). Metode yang sederhana dengan perkalian untuk menghubungkan ranting atribut, dimana setiap ranting setiap atribut harus dipangkatkan dengan bobot atribut yang bersangkutan. Sehingga kasus permasalahan terstruktur dan tidak terstruktur dapat diatasi dengan metode ini.

References

K. T. Naramessakh and C. Prianto, “Otomatisasi Keputusan Pemberian Kredit Pensiun Menggunakan Metode Weighted Product,†Efisiensi - Kaji. Ilmu Adm., vol. 16, no. 1, pp. 33–48, 2019.

A. R. Martha and D. Hamid, “FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG KARYAWAN MENGAMBIL PROGRAM PENSIUN DINI (Studi pada Pensiunan Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Witel Jatim Selatan Malang Yang Lulus Program Pensiun Dini),†JAB (Jurnal Adm. Bisnis), vol. 45, no. 1, pp. 80–85, 2017.

R. Tari and F. Harefa, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Komputer Terbaik dengan Menerapkan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†Ris. Komput., pp. 558–563, 2019.

V. Rosalina and Harsiti, “Pemodelan Decision Support System (DSS) Software Quality,†J. pro TekInfo, vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2016.

D. Nofriansyah and Sarjon Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

S. R. Siregar and Nurhayati, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Pns Dengan Metode Ahp Dan Topsis,†J. Tek. Inform. Kaputama, vol. Vol.2, no. 1, p. No.1, 2018.

M. N. H. Siregar, “IMPLEMENTASI WEIGHT PRODUCT MODEL (WPM) DALAM MENENTUKAN PEMILIHAN SEPEDA MOTOR SPORT BERBASIS SPK,†Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 4, no. 1, p. 59, 2017.

E. Sofiah and Y. Septiana, “Sistem Pendukung Keputusan Feasibility Study untuk Menilai Kelayakan Sebuah Bisnis,†J. Wawasan Ilm., vol. 8, no. 1, pp. 1–7, 2017.

sufri yono Hutagalung, F. Pratiwi, and I. Wijaya, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) Dalam Keputusan Penerimaan Beasiswa,†Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 79–84, 2018.

S. Riyadi, T. Haryanti, and L. Kurniawati, “Sistem pendukung keputusan penentuan rumah tangga miskin pada desa cibangkong dengan metode waspas,†J. Ris. Inform., vol. 1, no. 4, 2019.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles

URN