Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kanker Serviks Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Meiarni Situkkir STMIK Triguna Dharma
  • Beni Andika STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.3648

Abstract

Penyakit kanker serviks adalah kanker yag muncul pada sel-sel di leher Rahim. Kanker ini terjadi saat ada sel-sel Rahim atau serviks yang tidak normal, dan berkembang terus dengan tidak terkendali. Sel-sel abnormal ini dapat berkembang dengan cepat sehinnga mengakibatkan tumbuhnya tumor. Tumor yang ganas kemudian berkembang menjadi penyebab kanker serviks Sistem pakar merupakan salah satu bidang teknik dari kecerdasan buatan yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja para pakar atau ahli. Dengan sistem pakar,  maka metode yang digunakan dalam diagnosa adalah menggunakan metode certainty factor. Dengan gejala yang ada maka dapat ditentukan nilai CF untuk mendapatkan hasil diagnosa jenis penyakit kanker serviks, sehingga dapat mempermudah masyararakat dalam mendapat informasi dan mendiagnosa penyakit kanker serviks yang dialami.                        Kesimpulan yang dibuat dari sistem, mampu melakukan diagnosa dengan cepat, tepat dan akurat terhadapa gejala pada penyakit kanker serviks dan diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mendiagnosa penyakit kanker serviks yang dialami sehingga penangananya dapat segera dilakukan. Kata Kunci: Sistem Pakar, Certainty Factor, Kanker Serviks

Author Biographies

Meiarni Situkkir, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Beni Andika, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Calam, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

B. K. Masyarakat, D. Putri, S. Ningsih, D. Pramono, and D. Nurdiati, “Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian kanker serviks di rumah sakit Sardjito Yogyakarta Related factors for cervical cancer incidence in Dr. Sardjito Hospital in Yogyakarta.â€

S. Rio, E. Sri, and T. Suci, “Persepsi tentang Kanker Serviks dan Upaya Prevensinya pada Perempuan yang Memiliki Keluarga dengan Riwayat Kanker,†J. Kesehat. Reproduksi, vol. 4, no. 3, pp. 159–169, 2017, doi: 10.22146/jkr.36511.

F. Herlana, I. M. Nur, and W. Purbaningsih, “Karakteristik Pasien Kanker Serviks berdasar atas Usia, Paritas, dan Gambaran Histopatologi di RSUD Al-Ihsan Bandung,†Bandung Meet. Glob. Med. Heal., vol. 1, no. 22, pp. 138–142, 2017.

H. Fahmi, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mata KatarakDengan Metode Certainty Factor Berbasis Web,†Matics, vol. 11, no. 1, p. 27, 2019, doi: 10.18860/mat.v11i1.7673.

S. Santoso and R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),†J. Integr., vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017.

Downloads

Published

2018-12-27

URN