Impelementasi Data Mining Dalam Pengelompokan Peminatan Literasi Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Pada Perpustakan SMK Negeri 1 Patumbak

Authors

  • Halipah Halipah Stmik Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra Stmik Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.3643

Abstract

Perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan secara berkesinambungan oleh pemakainya sebagai sumber informasi. Permasalahan perpustakaan sekolah secara umum di indonesia dalam berhadapan dengan tantangan globalisasi dunia ialah perkembangan masyarakat harus selaras dengan kemajuan teknologi yang di ikuti secara menyeluruh. Namun masih banyak kalangan yang kurang peduli akan perkembangan informasi, oleh karena itu perlu ada pergerakan literasi informasi yang meningkatkan kemampuan literasi informasi pada kalangan ini sekaligus mempertahankan kualitas informasi kaum intelektual.        Berdasarkan uraian diatas maka diperlukan sebuah sistem yang dapat diterapkan dalam pengelompokan peminatan literasi dengan menggunakan ke ilmuan data mining. Data mining merupakan suatu proses penambangan data menjadi informasi menggunakan metode teknik statistik, ilmu matematika, dan artificial intelligence. Penerapan data mining telah banyak digunakan dalam pengelolaan data untuk menghasilkan pengetahuan, salah satunya pada strategi promosi. Selanjutnya algoritma yang akan digunakan untuk pengelolaan data mining pada kasus pengelompokan literasi yang layak dalam mempromosikan adalah K-Means Clustering.        Penerapan algoritma Clustering telah digunakan dalam berbagai kasus pengelompokan data seperti pada K-Means Clustering untuk peminatan literasi yang layak dalam SMK Negeri 1 Patumbak. Sehingga Algoritma K-Means sangat sesuai sebagai alat bantu untuk menentukan pengelompokan literasi. Kata Kunci: Data Mining, K-Means, Perpustakaan

Author Biographies

Halipah Halipah, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yohanni Syahra, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zaimah Panjaitan, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Firdaus, "Data Mining : Penggunaan Data Mining dalam Kegiatan Sistem Pembelajaran Berbantuan Komputer,"Jurnal Format,Vol.VI No.2, 2017.

A. Wardhani, "Implementasi Algoritma K-Means Untuk Pengelompokkan Penyakit Pasien Pada Puskesmas Kajen Pekalongan,"Jurnal TRANSFORMATIKA,Vol.XIV No.1, 2016.

S. Rustam, "Analisa Clustering Phising Dengan K-Means Dalam Meningkatkan Keamanan Komputer,"ILKOM Jurnal Ilmiah,Vol.X No.2, 2018.

Y. Mardi, "Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5,"Jurnal Edik Informatika,Vol.II No.2, 2019.

H. Honesqi , " Klasifikasi Data Mining Untuk Menentukan Tingkat Persetujuan Kartu Kredit,"Jurnal TEKNOIF, 2017.

R. Rodin, " Peran Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Curup dalam Pengembangan Masyarakat Ilmiah Kampus,"Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 2018.

Downloads

Published

2018-12-27

URN