SISTEM MONITORING DAN PEMBERIAN TDS PADA TANAMAN AEROPONIK MENGGUNAKAN INTERNET OF THINGS (IOT) BERBASIS NODEMCU

Authors

  • Paridah Paridah STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.3642

Abstract

Aeroponik merupakan suatu cara bercocok tanam sayuran di udara tanpa menggunakan tanah, nutrisi disemprotkan pada akar tanaman, air yang berisi larutan hara atau nutrisi disemburkan dalam bentuk kabut hingga mengenai akar tanaman. Salah satu jenis tanaman yang termasuk kedalam aeroponik adalah tanaman kentang.  Pada penerapannya sendiri teknik aeroponik pada tanaman kentang membutuhkan perawatan yang lebih yaitu perlu dilakukannya pengecekan dan pengontrolan pada tanaman serta larutan nutrisi supaya sesuai dengan kebutuhan tanaman agar mendapat hasil tanaman yang berkualitas dengan harga jual tinggi. Pada saat ini proses pemberian TDS pada tanaman aeroponik kentang masih dilakukan dengan manual dan berulang kali  sesuai dengan nilai TDS air yang disemprotkan pada tanaman.  Untuk memudahkan proses pengaturan TDS pada tanaman aeroponik kentang dapat diciptakan sebuah sistem yang bisa memonitoring dan melakukan proses pemberian TDS dengan memanfaatkan internet of things (IOT). Dengan penggunaan internet of things (IOT) maka sistem akan dapat dimonitoring dari jarak jauh menggunakan smartphone yang terhubung dengan internet. Sistem juga akan dilengkapi dengan pemberi TDS yang dikendalikan menggunakan aplikasi blynk pada smartphone, sehingga proses pemberian nutrisi pada tanaman tidak lagi dilakukan secara manual

Author Biographies

Paridah Paridah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Ardianto Pranata, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Dedi Setiawan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

REFERENSI

Ayub SubandI & Muhammad Widodo. Rancang Bangun Sistem Aeroponik Secara Otomatis Berbasis Mikrokontroler. SEMINAR NASIONAL INOVASI DAN APLIKASI TEKNOLOGI DI INDUSTRI (SENIATI) 2016.

Andrika Dkk. Implementasi Sistem Kontrol dan Monitoring pH pada Tanaman Kentang Aeroponik secara Wireless. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 1, No. 5, Mei 2017.

Harum Cahyani, Harmadi, Wildian. Pengembangan Alat Ukur Total Dissolved Solid (TDS) Berbasis Mikrokontroler Dengan Beberapa Variasi Bentuk Sensor Konduktivitas, Jurnal Fisika Unand Vol. 5, No. 4, Oktober 2016.

Asniati. SISTEM KONTROL OTOMATIS PENYIRAMAN TANAMAN DENGAN METODE BUDIDAYA TANAMAN SISTEM AEROPONIK MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA 2560. Jurnal Informatika, Volume 8, No.1, Juni 2019.

Arif Safrimawan dan Asrizal Deri Futra. Sistem Kontrol Pemberian Nutrisi pada Budi Daya Tanaman Aeroponik Berbasis Fuzzy Logic. JOURNAL OF APPLIED ELECTRICAL ENGINEERING, VOL. 3, NO. 1, JUNE 2019.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN