Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Mangga (Mangifera Indica L) Menggunakan Metode Certainty Factor(CF)

Authors

  • Romaitona Hasibuan STMIK Triguna Dharma
  • Hendra Jaya STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.3639

Abstract

Dalam membudidayakan tanaman mangga tidak terlepas dari serangan penyakit. Serangan penyakit pada tanaman mangga menyebabkan kegagalan produksi buah mangga dan menurunnya hasil pertanian, sehingga menjadi masalah yang rumit bagi petani. Minimnya pengetahuan mengenai penyakit membuat petani sering salah dalam mendiagnosa, sehingga penyakit semakin menyebar akibat pengendalian yang tidak cepat dilakukan. Untuk menangani masalah diatas, maka dibutuhkan sebuah sistem pakar yang dapat membantu para petani dalam mendiagnosa penyakit pada tanaman mangga dari gejala yang dialami serta menentukan saran pengendalian yang tepat untuk penyakit tersebut. Sistem pakar merupakan sistem informasi berbasis komputer,dalam pembuatan aplikasi sistem pakar ini menggunakan metode Certainty Factor, dimana metode Certainty Factor ini digunakan untuk menyatakan tingkat keyakinan dalam sebuah kejadian berdasarkan bukti atau penilaian pakar.  Hasil yang didapatkan dalam aplikasi berbasis dekstop yang menggunakan metode Certainty Factor yaitu menampilkan presentasi berupa nilai untuk mengasumsikan derajat keyakinan serta solusi yang tepat untuk menangani penyakit tanaman mangga dengan menampilkan dalam bentuk laporan dengan cepat dan efisien.Kata kunci:Sistem Pakar,Certainty Factor,Penyakit Tanaman Mangga

Author Biographies

Romaitona Hasibuan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendra Jaya, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Widiarti Rista Maya, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

References

S. Pramanda Widestra Galuh, N. Hidayat, and R. K. Dewi, “Sistem Diagnosis Penyakit Tanaman Kentang Menggunakan,†vol. 3, no. 4, pp. 4020–4026, 2019.

P. Sagala, “Jurnal Informasi Volume IX No.2 / November / 2017,†J. Inf., vol. IX, no. 2, pp. 67–85, 2017.

K. E. Setyaputri, A. Fadlil, and S. Sunardi, “Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT,†J. Tek. Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 30–35, 2018, doi: 10.15294/jte.v10i1.14031.

M. Arifin, S. Slamin, and W. E. Y. Retnani, “Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Tembakau,†Berk. Sainstek, vol. 5, no. 1, p. 21, 2017, doi: 10.19184/bst.v5i1.5370.

A. P. Gitasswara, S. A. S. Mola, and E. S. Y. Pandie, “Case Based Reasoning Untuk Mendiagnosa Penyakit Kehamilan,†vol. 5, no. 2, pp. 6–11, 2017.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN